Tenaga kesehatan saat melakukan rapid test kepada warga di RW 06 Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo, Kamis (9/7/2020). (Foto: Kecamatan Junrejo)
Tenaga kesehatan saat melakukan rapid test kepada warga di RW 06 Desa Mojorejo Kecamatan Junrejo, Kamis (9/7/2020). (Foto: Kecamatan Junrejo)

MALANGTIMES - Pasien konfirm positif Covid-19 khususnya Di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo mencapai 11 orang. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan rapid test, Kamis (9/7/2020).

Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Junrejo bersama Pemerintah Desa Mojorejo dan Puskesmas mendirikan tenda untuk melakukan rapid test di RW 06 Dusun Ngandat. Satu per satu warga datang menggunakan masker itu menuju tim tenaga kesehatan untuk dirapid test. 

Baca Juga : Transisi New Normal, Satgas Covid-19 Lakukan Penyemprotan Desinfektan di 181 Desa

Dari 257 warga didapati hasil 2 orang reaktif. Dan dilakukan swab test terhadap 36 pasien. 

“Rapid test dan swab test itu dilakukan setelah dilakukan penelusuran dari tim kampung tersebut ditemukan beberapa kasus positif Covid-19,” ucap Camat Junrejo, Arief Rachman Ardyasana.

“Untuk memastikan, kita memutuskan untuk menggelar rapid test dan swab test massal. Jika terdapat kasus positif tambahan dapat segera langsung ditangani,” katanya.

Ia menambahkan, jika kegiatan tes massal ini bagian dari fase adaptasi kebiasaan baru (AKB), di mana setelah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL), Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Junrejo fokus melakukan penelusuran di wilayah yang lebih kecil yang berisiko menjadi tempat penyebaran Covid-19.

Sementara itu, di RW 06 Dusun Ngandat, Desa Mojorejo, itu sedang dilaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) selama 14 hari mendatang. 

Baca Juga : Pemerintah Putuskan ODP dan PDP Meninggal Bukan Termasuk Kematian Covid-19

Sedangkan 11 orang positif Covid-19 itu sudah diisolasi di rumah masing-masing sejumlah 10 orang. Dan satu orang isolasi mandiri di rumah.