Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Juli seakan menjadi bulan yang berat bagi tim penanganan dan penanggulangan Covid-19 di Kota Malang. Baru awal bulan saja, sudah ada tambahan 107 kasus baru, terhitung per 1-9 Juli 2020.

Hingga kini, total sudah ada 317 warga Kota Malang terinfeksi atau terkonfirmasi positif Covid-19. Tiap harinya, tercatat ada penambahan belasan kasus baru.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Bertambah 23 Orang, Malang Utara Penyumbang Terbanyak

Awal bulan, penambahan kasus masih bisa dibilang landai yakni 2 kasus pada 1 Juli dan pada 2 Juli ada 5 kasus. Tetapi angka itu bertambah drastis pada hari-hari setelahnya.

Berturut-turut mulai 3-9 Juli yakni ada penambahan 17, 14, 9, 21, 12, 15, 12 kasus baru. Angka-angka tersebut dirangkum dari data Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang, hingga kemarin (Kamis, 9/7/2020) petang.

Rasio kesembuhan pasien pun masih belum tinggi. Rinciannya, pasien yang sembuh sebanyak 79, pasien meninggal dunia ada 25 orang dan yang masih menjalani perawatan ada 213 orang.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyatakan dari penambahan kasus positif Covid-19 tersebut pasien terbanyak berdomisili di kawasan Kecamatan Kedungkandang, yaitu sebanyak 8 orang.

"Wilayah Kedungkandang terbanyak, mayoritas berjenis kelamin perempuan," terangnya.

Kemudian, dua warga lainnya merupakan perempuan berusia 35 dan 32 tahun dari wilayah Kecamatan Lowokwaru. Lalu 1 pasien perempuan berusia 45 tahun dari Kecamatan Klojen.

"Dan 1 warga laki-laki usia 57 tahun dari wilayah Kecamatan Blimbing," imbuhnya.

Baca Juga : Pasar Klojen dan Bunul Dipersiapkan Jadi Pasar Tangguh

Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, dr Husnul Muarif menyatakan penambahan pasien yang terus meningkat karena proses tracing dilakukan lebih baik.

"Artinya dengan tracing yang bagus, maka yang dilakukan swab juga meningkat. Hasilnya ternyata juga cukup tinggi, yang menjadikan penambahan kasus meningkat," jelasnya.

Sementara itu, kategori terakait Covid-19 lainnya juga ada penambahan. Seperti, ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 1.023 atau bertambah 6 dibanding hari sebelumnya. Dengan rincian, 53 masih dalam tahap dipantau, 968 sudah selesai pemantauan, dan 2 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP (Pasien Dalam Pengawasan) totalnya menjadi 449 atau bertambah 11 dari hari sebelumnya. PDP yang dinyatakan sehat ada 208 orang, yang masih dalam perawatan ada 200, dan meninggal dunia sebanyak 41.

Kemudian, untuk OTG (Orang Tanpa Gejala) mengalami penambahan sebanyak 44 orang, kini totalnya menjadi 925.Sedangkan kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tercatat tak ada penambahan dari hari sebelumnya, totalnya kini ada 3.237 kasus.