Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Malang sedang melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (8/7/2020).
Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Malang sedang melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (8/7/2020).

MALANGTIMES - Pada masa transisi new normal life, Satuan Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus melakukan penyemprotan desinfektan. Kini penyemprotan disinfektan telah menjangkau 181 desa di wilayah Kabupaten Malang. 

Penyemprotan desinfektan terus dilakukan mengikuti jumlah grafik pasien positif Covid-19 di Kabupaten Malang yang terus mengalami kenaikan jumlah. 

Baca Juga : 290 Kasus Positif Covid-19 di Kota Malang, Rasio Tracing 1:30

Berdasarkan data dari infocovid19.jatimprov.go.id update terakhir pada hari Selasa (7/7/2020) pasien positif berjumlah 289 pasien. Dari jumlah pasien positif tersebut, 83 sembuh dan 24 pasien meninggal dunia.

Kepala Sub Satgas Disinfeksi, Penyuluhan dan Informasi transisi new normal Covid-19 Kabupaten Malang, Bambang Istiawan menuturkan, bahwa penyemprotan desinfektan terus dilakukan secara rutin terutama di daerah-daerah yang memiliki pasien positif Covid-19.

"Penyemprotan di Kabupaten Malang terutama kita pilih di daerah-daerah yang ada positifnya. Karena kita tidak tahu virus ini ada di mana," ujarnya ketika dikonfirmasi awak media, Rabu (8/7/2020).

Bambang mengatakan, bahwa selama ini selain dari petugas gabungan yang melakukan penyemprotan desinfektan, masyarakat pun juga turut serta melakukan penyemprotan desinfektan yang dilakukan secara mandiri dan swadaya. 

"Selama ini masyarakat masih rutin melakukan penyemprotan secara mandiri. Harapannya masyarakat juga tidak berhenti untuk melakukan penyemprotan," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang.

Jadwal penyemprotan desinfektan pada hari ini (8/7/2020) Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Malang telah dilakukan di wilayah Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Tembus 11 Orang Positif Covid-19, Desa Mojorejo Terapkan Pembatasan Sosial Berskala Lokal

Bambang menyebutkan, hari ini terdapat beberapa desa dan kelurahan yang telah dilakukan penyemprotan desinfektan yakni Compokomulyo, Kepanjen, Penarukan, Sengguruh, Curungrejo, Jatirejoyoso, Mojosari, Mangunrejo, hingga Kemiri.

Sementara itu di lokasi yang sama, Kepala Desa Mangunrejo, Suntoro berharap agar Covid-19 segera hilang dari Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Malang. Agar masyarakat dapat hidup tenang, tentram dan normal seperti sedia kala. Maka dari itu dirinya terus mengajak masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sebagai upaya pencegahan persebaran Covid-19.

"Semoga Corona ini segera pergi dari bumi Indonesia, harus sama-sama kita tanggulangi," ucapnya kepada awak media.