Peta sebaran Covid-19 Kota Batu (Foto: Pemkot Batu)
Peta sebaran Covid-19 Kota Batu (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Angka pasien konfirm positif Covid-19 di Kota Batu terus menunjukkan lonjakkan yang cukup pesat. Pada Jumat (3/6/2020) kemarin, angka pasien konfirm positif mencapai 13 orang dalam sehari. Rupanya lonjakan itu mengulang kembali seperti saat masa transisi New Normal diberlakukan.

13 orang itu tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Junrejo ada 11 orang, Kecamatan Batu ada 1 orang, dan Kecamatan Bumiaji ada tambahan 1 orang.

Baca Juga : Tambah 17 Pasien, Kasus Positif Covid-19 di Kota Malang Tembus Angka 234

Hanya saja saat ditanya penambahan 13 orang tersebut, masih belum ada respon dari Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu. Tetapi jika dilihat dari data, jumlah pasien konfirm itu terbanyak di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo.

Di sana terdapat pasien konfirm 7 orang. Mengingat sebelumnya tim tenaga kesehatan melakukan rapid test terhadap warga yang satu meja saat hajatan bersama satu orang (C-61) yang sebelumnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP). Pasien ini kemudian meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19.

“Pasien ada riwayat kontak yaitu satu meja acara khitanan pada 6 Juni 2020 dengan pasien C-61 yang juga meninggal dunia. Setelah itu dilakukan rapid test ke 22 orang dan hasilnya 9 dinyatakan reaktif,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu beberapa saat lalu.

Dimungkinkan 9 orang reaktif itu setelah diswab hasilnya 7 orang positif. Kemudian di Desa Beji ada tambahan 3 orang. Untuk kasus di Desa Beji, seperti diketahui tim sebelumnya juga melakukan rapid test pada warga yang kontak erat kasus pasien pasien konfirm C-59. Seluruhnya ada 14 orang yang di rapid test.

“Setelah ditest, hasilnya 7 orang dinyatakan reaktif. Bagi yang hasilnya dinyatakan reaktif sudah diambil swab,” tambahnya.

Baca Juga : Angka Kasus Covid-19 Meroket, Bupati Sanusi Akhirnya Gandeng 4 PT

Diperkirakan dari 7 orang yang sudah menjalani swab itu, 3 diantaranya hasilnya keluar, positif. Lalu tambahan satu orang lainnya ada di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, dan Desa Sumberejo, Kecamatan Batu.

Dengan demikian kini jumlah pasien konfirm positif Covid-19 Kota Batu mencapai 79 orang. Rinciannya, 13 orang menjalani perawatan di rumah sakit. 34 orang isolasi mandiri di rumah masing-masing, 2 orang isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru. Lalu 24 diantaranya dinyatakan sembuh, dan 6 orang meninggal dunia.