Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata (Hendra Saputra)
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Masih banyaknya masyarakat Kota Malang yang belum menggunakan masker ditanggapi oleh Polresta Malang Kota dengan program pembagian masker gratis yang rencananya akan dimulai dalam waktu dekat ini.

Kesadaran masyarakat akan pemakaian masker nampaknya belum begitu maksimal. Hal itu diperkuat jumlah sekitar 70 persen masyarakat di Indonesia belum menggunakan masker.

Baca Juga : Kasus Pembakaran Bendera Partai, DPC PDIP Kota Malang Buat Aduan ke Polresta Malang Kota

Risiko jika tidak memakai masker memang sangat rentan tertular virus Covid-19 dimana penyebarannya bisa melalui interaksi. Bahkan Presiden Joko Widodo saat ini melalui seluruh kepala daerah dan instansi terkait menekankan imbauan kepada masyarakat tentang penggunaan masker.

Karena konsentrasi Presiden Republik Indonesia dan Polda Jawa Timur (Jatim) saat ini memutus penyebaran Covid-19 dengan memberikan imbauan pemakaian masker tersebut, Polresta Malang Kota akan segera menindaklanjuti dengan program yang dibuat.

"Rencananya kami akan buat program pembagian masker gratis kepada masyarakat setiap hari," ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kamis (2/7/2020).

Nantinya masker tersebut akan dibagikan di terminal, pasar, stasiun masyarakat yang ada di jalan raya terutama yang belum sadar tentang pemakaian masker.

"Nanti petugas kami akan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat membagikan masker itu seperti face shield, masker dan juga sarung tangan," imbuhnya.

Baca Juga : Puluhan TNI Geruduk Rumah Dinas Kapolres Malang Kota

Ditanya jumlah besaran setiap harinya pembagian masker itu, Kombes Pol Leonardus Simarmata mengatakan masih akan melakukan pengecekan terlebih dulu.

"Kami akan cek dulu persediaan kami, tapi yang jelas kami akan segera melakukan pembagian masker kepada masyarakat," pungkasnya.