(Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)
(Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

MALANGTIMES - Jumlah pasien positif covid-19 di Kota Batu yang sembuh terus bertambah. Kali ini giliran satu pasien konfirm ke-5, berjenis kelamin laki-laki asal Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo, yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian, di Kota Batu, sudah 5 orang yang sembuh dari covid-19.

Dari lima orang itu, selain dari Desa Mojorejo, dua lainnya warga Desa Pesanggrahan (Kecamatan Batu), satu orang dari Desa Bulukerto (Kecamatan Bumiaji), dan satu orang warga Kelurahan Temas (Kecamatan Batu). 

Baca Juga : Terus Meningkat, Sehari Kota Malang Catat 12 Tambahan Pasien Positif Covid-19

Kronologi  pasien ke-5 itu terjangkit virus covid-19 bermula pada 16 April 2020 dengan keluhan demam. “Lalu juga ada penyakit penyerta hipertensi. Kemudian pasien baru menjalani rapid test tanggal 23 April 2020 pada saat diperiksa di IGD RS UMM. Hasilnya non-reaktif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Namun karena memiliki  gejala pneumonia dan ada riwayat perjalanan Batu-Sidoarjo lantaran bekerja di salah satu perusahaan farmasi di Krian, Sidoarjo, dia harus menjalani  perawatan di RS UMM.  “Pasien juga sudah menjalani swab test pada 25 April 2020,”  ucap Chori.

Karena kondisinya membaik, dia dibolehkan pulang pada 28 April 2020. Namun tetap dengan menjalani isolasi mandiri di rumah sejak tanggal tersebut.  “Namun saat hasil swab test keluar, dinyatakan positif, sehingga yang bersangkutan dievakuasi ke RSU Karsa Husada untuk menjalani perawatan,” lanjutnya.

Sementara, dari data Dinas Kesehatan Kota Batu hingga Rabu (11/6/2020), tercatat dari 39 kasus konfirm covid-19, tersisa 6 pasien yang dirawat di RSU Karsa Husada. Satu pasien melakukan isolasi secara mandiri. Sedangkan 24 orang lainnya menjalani isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru.

Baca Juga : Pasar Lawang Terancam Ditutup Jika Perkembangan Pasien Covid-19 Terus Masif

Pasien yang meninggal ada tiga orang. Seluruhnya  warga Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji.