Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Ini bisa dibilang kabar yang cukup menyedihkan. Sebab, per hari ini (Kamis, 11/6/2020) Kota Malang kembali mencatat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 12 orang.

Angka ini cukup tinggi dibanding data tambahan hari-hari sebelumnya sejak Kota Malang ditetapkan sebagai zona merah pada Maret 2020 lalu. Dengan penambahan tersebut, total kasus positif di Kota Malang kini menjadi 85 orang.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyatakan ke 12 tambahan pasien positif Covid-19 berasal dari berbagai klaster. Dari yang memiliki kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, hingga tenaga kesehatan (Nakes).

"Yang 6 pasien riwayatnya kontak erat dengan pasien konfirm positif Covid-19. Kemudian, 2 Nakes yaitu Dokter berjenis kelamin laki-laki dan petugas ke sehatan di salah satu rumah sakit," jelasnya.

Sedangkan 4 pasien positif Covid-19 lainnya tercatat sebagai warga biasa dari beberapa Kecamatan di Kota Malang. Dua di antaranya sebelumnya merupakan PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di rumah sakit.

"2 pasien merupakan warga Kecamatan Lowokwaru, tercatat seorang laki-laki berusia 33 tahun dan melakukan swab mandiri. Satu lagi seorang laki-laki yang sebelumnya berstatus PDP di rumah sakit. Kemudian, 1 pasien berikutnya warga dari Kecamatan Sukun seorang wanita berusia 48 tahun dan sebelumnya juga sebagai pasien PDP di rumah sakit. Lalu, 1 terakhir seorang warga yang melakukan swab mandiri, data pribadi masih dikonfirmasi," imbuhnya.

Di samping penambahan pasien yang saat ini masih dirawat, hari ini juga tercatat 1 pasien positif yang dinyatakan meninggal dunia. Yaitu seorang warga perempuan berusia 51 tahun berasal dari Kecamatan Blimbing.

Selain itu, pasien yang dinyatakan sembuh juga bertambah 1 orang. "Pasien sembuh 1 dari Covid-19 merupakan warga Klojen, dan sebelumnya memilimi riwayat perjalanan dari Jakarta," tandasnya.

Sementara itu, untuk jumlah kasus Covid-19 di Kota Malang beberapa kategori lainnya sampai saat ini juga ada yang mengalami penambahan.

Kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tercatat 2.399 pasien atau bertambah 69 dari hari sebelumnya.

Sedangkan, ODP (Orang Dalam Pantauan) kini mencapai 933. Dengan rincian, 56 masih dalam tahap dipantau, 876 sudah selesai pemantauan, dan 1 dinyatakan meninggal.

Lalu, kategori PDP totalnya menjadi 276 atau berkurang 1 orang dari hari sebelumnya. PDP yang dinyatakan sehat ada 153 orang, yang masih dalam perawatan ada 101, dan meninggal dunia sebanyak 22.

Kemudian, untuk OTG (Orang Tanpa Gejala) hari ini berkurang menjadi 487 atau berkurang 11 orang dari hari sebelumnya.