Petugas saat akan melakukan rapid test di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)
Petugas saat akan melakukan rapid test di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Rapid test hingga saat ini terus dilakukan kepada pedagang dan pengepul sayur di Kota Batu. Rencananya ada 8 ribu rapid test segera datang.

“Direncanakan barang pesanan dari Dinas Kesehatan Kota Batu Rabu (20/5/2020) akan datang kurang lebih 8 ribu pcs,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Pasien Covid-19 Tulungagung Bertambah 14, Total Ada 47 Didominasi Karyawan Pabrik Rokok

Ia menambahkan jika perkembangan pengadaan Rapid Test Dinas Kesehatan Kota Batu, rencana sebanyak 10.430 pcs. Namun hingga saat ini yang sudah datang 880 pcs.

“Yang kemarin-kemarin sudah datang totalnya 880 pcs rapid test, melihat memang kebutuhan rapid test sangat dibutuhkan,” imbuhnya. 

Selain itu Dinas Kesehatan Kota Batu juga mendapat bantuan dari Dinkes Provinsi Jatim 500 pcs. “Sebelumnya Pemprov Jatim juga telah memberikan 120 pcs,” jelas Chori.

Sedangkan rapid test itu diperuntukkan kepada mereka yang berstatus positif. Selain digunakan untuk yang positif juga dilakukan kepada orang yang melakukan kontak dengannya. 

Baca Juga : Wartawan Malang Kota Lakukan Rapid Test, 1 Dinyatakan Reaktif

Selain untuk dua sasaran itu, Rapid Test juga diberikan kepada tenaga medis. Sebab mereka yang melakukan atau menangani orang yang positif tersebut. Kemudian pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG).