Web PPDB Kota Malang. (Foto: istimewa)
Web PPDB Kota Malang. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Pelaksanaan pendaftaran peserta didik baru Kota Malang sempat terkendala lantaran server https://ppdb.dikbud.web.id eror. Hal ini menimbulkan keluhan masyarakat yang mendaftarkan putra-putrinya.

Keluhan-keluhan itu pun diluapkan di media sosial, termasuk di Instagram resmi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang.

Baca Juga : PPDB SD Kota Malang Dibuka, Berikut Syarat dan Prosedur Lengkapnya

Hal itu pula yang membuat Dikbud Kota Malang mengganti link Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tersebut dengan link baru, yaitu ppdb.malangkota.go.id.

"Bagi warga masyarakat yang telah mendaftar dan berhasil sampai dengan mendapatkan bukti pendaftaran di link PPDB sebelumnya tidak perlu lagi melakukan pendaftaran," jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang Zubaidah.

Tampilan link PPDB baru ini sama dengan tampilan sebelumnya. Masyarakat yang telah mendapatkan user name dan juga password pada link PPDB yang lama dapat digunakan untuk login pada link PPDB yang baru.

Jadi, bagi masyarakat yang telah sukses melakukan pendaftaran pada link sebelumnya dan telah mendapatkan user name dan password, tidak perlu Iagi melakukan pendaftaran di link PPDB yang baru.

"Mohon yang telah mendapatkan user name maupun password pada link PPDB sebelumnya maupun link saat ini untuk tidak melakukan pendaftaran lagi," ucapnya.

Sepanjang Bapak/Ibu calon siswa telah mendapatkan user name maupun password usai mengisi dan melengkapi data pada aplikasi PPDB yang lama maupun yang saat ini, maka dapat dipastikan bahwa calon siswa telah terdaftar dalam proses pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2020/2021.

Untuk mengetahui informasi posisi calon siswa berada di SMP berapa dan pada urutan berapa, dapat mengakses link yang baru ppdb.malangkota.go.id. Klik login lalu isi user name dan password yang diperoleh saat berhasil mendaftar di link PPDB sebelumnya.

Apabila telah mendapatkan user name maupun password namun tidak dapat login atau akses masuk pada link ppdb.malangkota.go.id, ketik user name yang telah diperoleh/Anda gunakan (berupa email), lalu ganti password dengan: 12345.

Baca Juga : PPDB Jalur Prestasi SMP Kota Malang Dibuka Hari Ini, Berikut Langkahnya

Link ini dibuka selama 24 jam. Namun perlu diketahui, untuk sementara waktu ini, dilakukan perpindahan data dari link PPDB lama ke link baru.

"Mohon bersabar manakala di link PPDB yang baru, dokumen ataupun foto belum tampak. Hal tersebut dikarenakan masih dalam proses perpindahan," ungkapnya.

Untuk itu, Dikbud Kota Malang juga memperpanjang proses pelaksanaan PPDB sampai dengan Jum'at, 15 Mei 2020.

Sebagai catatan, dokumen yang diverifikasi oleh panitia PPDB Kota Malang dan wajib dibawa ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang adalah dokumen yang di-upload atau digunakan saat mendaftar jalur prestasi lomba.

"Untuk jalur prestasi nilai rapor, afirmasi, maupun mutasi orang tua tidak perlu datang ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang," pungkasnya.