Ilustrasi PPDB. (Foto: nyobamoto.com)
Ilustrasi PPDB. (Foto: nyobamoto.com)

MALANGTIMES - Menurut jadwal pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Malang, hari ini (Senin, 11 Mei 2020) merupakan waktunya pendaftaran jalur prestasi SMP Kota Malang. Pendaftaran dimulai hari ini hingga Kamis, 14 Mei 2020.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Malang Dra Zubaidah MM menyampaikan, kuota di jalur prestasi 2020 ini lebih besar dari yang sebelumnya, yakni 30 persen. 

Baca Juga : Minta Rektor Data Mahasiswanya, Wali Kota Malang Susun Skema Bantuan

Ia juga menyampaikan, selain memakai bukti prestasi dari sertifikat/piagam, siswa juga bisa memakai prestasi dari rapor.

"Ini lebih banyak kuota prestasi dan ini bedanya ada yang rapor. Prestasi dulu itu kan hanya akademis dan non-akademis yang ditunjukkan dengan piagam, sekarang ini ada prestasi akademis non-akademis melalui piagam tetapi juga ada prestasi dengan rapor," papar perempuan berkerudung ini saat ditemui di kantor Dikbud Kota Malang.

Ketentuannya, nilai minimal dalam rapor yakni 85 dan untuk nilai sikap perilaku minimal Baik. Sistemnya yakni dengan diranking.

"Melihat rapor yang nilainya minimal 85 ke atas. Tetapi tetap juga nanti diranking. Karena kan kuotanya meskipun banyak tapi terbatas, masing-masing sekolah 30 persen," jelasnya.

Berikut persyaratan pendaftaran jalur prestasi rapor.

1. Surat keterangan dari SD yang telah menyatakan telah menyelesaikan kelas 6.

2. Surat keterangan dari SD yang menyatakan siswa memiliki rata-rata nilai rapor kumulatif 85,00 ke atas.

3. Nilai rata-rata rapor kelas 4 dan kelas 5 (semester 1 dan 2), serta kelas 6 (semester 1) adalah 85,00 ke atas. Nilai KI-1 dan KI-2 (nilai sikap perilaku) minimal B (Baik).

Berikut persyaratan pendaftaran jalur prestasi lomba.

1. Surat keterangan dari SD yang telah menyatakan telah menyelesaikan kelas 6.

2. Sertifikat/piagam kejuaraan yang diikuti (kejuaraan/lomba/kompetisi/olimpiade berjenjang).

Baca Juga : Tertinggi Nasional, 13 Ribu Siswa Jatim Lolos SNMPTN

3. Surat keterangan dari SD bahwa siswanya benar-benar mengikuti kejuaraan dan mendapatkan prestasi sesuai dengan sertifikat atau piagam yang dimiliki.

Selain mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, calon peserta didik juga perlu mempersiapkan Kartu Keluarga. 

Dokumen kependudukan Kartu Keluarga menjadi salah satu syarat wajib pelaksanaan proses PPDB 2020/2021. Berikut persyaratannya.

1. Kartu Keluarga Domisili Kota Malang.
2. Kartu Keluarga Domisili Luar Kota Malang dapat mengikuti jalur ini manakala calon siswa adalah lulusan dari Sekolah Kota Malang.
3. Kartu Keluarga tanpa batasan waktu tanggal, bulan, atau tahun terbit.

Dokumen-dokumen persyaratan tersebut di-upload di https://ppdb.dikbud.web.id dalam bentuk PDF atau JPG. 

Selanjutnya, bawa dokumen asli piagam sertifikat yang di-upload pada jalur PPDB prestasi lomba ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang di Jalan Veteran Nomor 19 untuk verifikasi dokumen. Pelayanan dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.00.