Lima Terbaik di Asia Tenggara, Stadion Gelora Bung Karno Salah Satunya

May 05, 2020 20:37
Stadion Gelora Bung Karno (istimewa)
Stadion Gelora Bung Karno (istimewa)

MALANGTIMES - Stadion Gelora Bung Karno (GBK) masuk dalam salah satu stadion terbaik di ASEAN menurut AFC. Kabar baik tersebut disejajarkan dengan empat stadion lain milik Australia, Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Baca Juga : Dinilai Kurang Efektif, DPR Kota Malang Dorong Arema Kelola Stadion Gajayana

Dikutip dari website resmi AFC, GBK yang menakjubkan adalah arena utama dalam Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno di Jakarta. Dengan kapasitas 80.000, stadion ini terkenal sebagai salah satu tempat olahraga paling bersemangat dan unik di wilayah ini.

Dibagi menjadi 24 sektor dan menjadi tribun atas dan bawah, fitur khusus arena adalah atap baja megah yang membentuk cincin besar yang dikenal sebagai 'temu gelang' atau cincin gabungan.

Tak hanya digunakan untuk sepak bola, tempat ini juga menggelar acara olahraga dan konser musik lainnya serta acara keagamaan dan politik skala besar.

Dibangun untuk menjadi tuan rumah Asian Games keempat pada tahun 1962, Stadion Gelora Bung Karno dinamai oleh Presiden Indonesia pertama, Soekarno, dan telah menjadi tuan rumah sejumlah turnamen sepak bola dan pertandingan internasional seperti tiga Kejuaraan Atletik Asia, dan terakhir juga menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018.

Awalnya dibangun, GBK memiliki kapasitas melebihi 120 ribu tempat duduk, dan mengalami renovasi menjelang Piala Asia AFC 2007 yang diselenggarakan di empat negara Asia Tenggara. Namun hal itu juga menyebabkan berkurangnya tempat duduk tetapi tidak banyak mengurangi suasana.

Baca Juga : Kontroversi, Prestasi, hingga Mundurnya Ratu Tisha dari Sekjen PSSI

"Asia memiliki beberapa stadion terbaik di dunia, tempat ikonik yang secara rutin menghadirkan ribuan penggemar di tribun untuk mendukung tim favorit mereka," tulis AFC.

"Kami menghadirkan beberapa stadion terbaik di Asia, dimulai dengan lima stadion paling ikonik di kawasan ASEAN," sambungnya.

Lima stadion ikonik yang dimaksud adalah Stadion Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Australia (Sydney), Stadion My Dinh (Hanoi, Vietnam), hingga Stadion Rajamangala (Bangkok, Thailand).

Topik
Malang Berita Malang berita malang hari ini Stadion Gelora Bung Karno stadion terbaik di ASEAN AFC

Berita Lainnya

Berita

Terbaru