Anggota B Pelopor Satbrimob Polda Jawa Timur, Malang, saat membagikan masker dan sembako kepada warga yang membutuhkan. (Foto : Istimewa)
Anggota B Pelopor Satbrimob Polda Jawa Timur, Malang, saat membagikan masker dan sembako kepada warga yang membutuhkan. (Foto : Istimewa)

MALANGTIMES - Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jawa Timur di Ampeldento, Pakis, kabupaten Malang, kembali mengelar aksi sosial, Rabu (29/4/2020). Kali ini, giliran masyarakat kurang mampu serta yatim piatu yang ada di Kecamatan Pakis yang menjadi sasaran utama pembagian sembako.

Baca Juga : Klaim Sembuhkan 7 Pasien Covid-19 di Jakarta, Ramuan Contravid Solo Bikin Heboh Publik

”Pada bulan suci Ramadan ini, Bakti Brimob untuk Masyarakat mengagendakan kegiatan bakti sosial kepada saudara kita yang kurang beruntung secara ekonomi dengan cara memberikan sembako. Kami berharap bantuan yang kami berikan ini bisa sedikit meringankan penderitaan masyarakat, apalagi di masa wabah pandemi virus covid-19 ini," ungkap Kepala Detasemen (Kaden) B Brimob Pelopor Jawa Timur (Jatim) AKBP Tedy Purnanto, Kamis (30/4/2020).

Dalam agenda yang bertajuk Bakti Sosial Polri Peduli Covid-19 tersebut, perangkat desa serta tokoh masyarakat juga turut dilibatkan. Dengan dipimpin Danki 1/B Pelopor AKP Osman Asari, rombongan bergegas melintasi gang sempit yang ada di kawasan Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, guna mendatangi kediaman warga yang berhak menerima bantuan.

”Kami memberikan bantuan dengan cara pintu ke pintu untuk memastikan  bantuan sosial ini benar-benar diterima mereka yang berhak. Selain itu, pembagian dari rumah ke rumah tersebu bertujuan memutus penyebaran covid-19 dengan cara tidak berkerumun,” ucap Osman.

Perwira polisi dengan pangkat tiga balok di bahu ini menambahkan, kegiatan bagi-bagi sembako tersebut bakal berlangsung setiap hari sepanjang bulan Ramadan. Bahkan, jika memungkinkan, aksi bakti sosial bakal dilangsungkan hingga status darurat wabah covid-19 berakhir.

”Sembako yang kami bagikan kepada masyarakat kurang mampu dan yatim piatu ini berasal dari swadaya anggota satuan serta bantuan dari donatur mitra Brimob yang peduli kepada sesama,” sambung Osman.

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

Tidak hanya fokus membagikan sembako. Anggota Brimob yang terlibat dalam bakti sosial juga aktif memberikan imbauan untuk mencegah peredaran covid-19. Yakni dengan cara selalu mengenakan masker ketika keluar rumah, jaga jarak minimal satu meter ketika bertemu orang lain, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta meminimalisasi berkerumun dan mengurangi berpergian jika tidak ada kepentingan.

”Kegiatan bakti sosial pembagian sembako dan masker ini bakal dilakukan setiap hari di lokasi berbeda yang ada di Kabupaten Malang. Semoga bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat serta masyarakat senantiasa diberikan kesehatan,” ujar Osman.