Foto ilustrasi. (istimewa)
Foto ilustrasi. (istimewa)

MALANGTIMES - Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Dikti Litbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah memberikan keputusan siapa saja yang menjabat Wakil Rektor (WR) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Termasuk WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMM.

Baca Juga : Penunjukkan Wakil Rektor III UMM Timbulkan Polemik, Rektor Minta Anulir SK PP Muhammadiyah

 

Keputusan terhadap WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMM tertera dalam Surat Keputusan Nomor: 0056/KEP/1.3/D/2020 tentang Pengangkatan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Masa Jabatan 2020-2024.

 

Surat tersebut ditetapkan di Yogyakarta tanggal 01 April 2020 dan ditandatangani oleh Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad PhD dan Sekretaris Muhammad Sayuti MPd MEd PhD itu.

Dalam surat tersebut, Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah mengangkat dan menetapkan Dr Nur Subeki ST MT sebagai WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMM masa jabatan 2020-2024.

Keputusan berlaku sejak 4 April 2020 dan berakhir pada tanggal 3 April 2024.

Akan tetapi, muncul desas-desus bahwa Rektor UMM Dr Fauzan MPd akan mengusulkan perubahan atas keputusan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah tersebut.

Adanya desas-desus ini dibenarkan oleh salah satu alumni UMM Ahmad Rofiq.

"Ya, ada desas-desus. Tapi saya tidak melihat secara langsung," ucapnya kepada media ini.

Akan tetapi, Mantan Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DP IMM) tersebut menegaskan, keputusan PP Muhammadiyah itu bersifat final dan mengikat. Sehingga, tidak boleh ada bargain (tawar menawar).

"Sebagai amal usaha, kalau PP Muhammadiyah sudah memutuskan maka siapa saja harus mengikuti. Kecuali kalau nanti setelah (WR III) dilantik ketika menjalankan tugas tidak sesuai dengan targetnya rektor ya bisa diajukan pergantian. Tetapi sangat tidak dibenarkan kalau ada pengajuan perubahan sebelum ada pelantikan," tegasnya.

"Terlebih lagi, posisi UMM berada di bawah naungan Majelis Dikti. Jadi, sudah tentu harus mengikuti apa yang sudah menjadi bagian dari ketetapan tersebut," imbuhnya

.

Rofiq menjelaskan, bahwa Muhammadiyah adalah induk. Maka siapa saja yang berada di dalam naungan Muhammadiyah harus mengikuti apa yang sudah menjadi keputusan. Seluruh lembaga yang berada dalam naungan Muhammadiyah harus mengikuti apa yang sudah menjadi bagian dari keputusan.

Baca Juga : Ramai Diperbincangkan, UMM Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Influencer

 

Maka sudah tentu, kata Rofiq, rektor memahami semangat berorganisasi di Muhammadiyah. Yakni menjunjung tinggi profesionalitas, keikhlasan, dan asas kebaikan antarpihak.

Baca Juga : Tak Mau Seperti Menara Gading, UIN Malang Aktif Membantu Masyarakat Terdampak Covid-19

 

"Saya tidak yakin dengan kapasitas rektor akan melakukan usulan peninjauan," ungkapnya.

Sebab, lanjutnya, dirinya yakin bahwa rektor pasti sangat mengetahui kedalaman ber-Muhammadiyah. Apabila rektor memahaminya maka tentu akan bersikap Sami'na Wa Atho'na atau taat.

"Memang hanya rumor. Maka dari itu penting menjadi catatan semua agar seluruh pimpinan di amal usaha Muhammadiyah menjunjung tinggi semua keputusan yang telah diambil oleh Muhammadiyah," katanya.

Sebagai alumni, Rofiq sendiri mengucap syukur atas ditetapkannya Dr Nur Subeki ST MT sebagai WR III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UMM masa jabatan 2020-2024.

"Kita melihat memang Pak Nur Subeki ini punya kompetensi. Karena beliaunya ini kan disamping alumni, akademiknya juga oke, dan mantan aktivis. Saya kira akan bisa menyelaraskan dari semangat kampus UMM dan bisa membawa misi besar yang telah dicita-citakan oleh Muhammadiyah dalam bidang pendidikan," paparnya.

Background Subeki sendiri menurut Rofiq memang ada pada kemahasiswaan dan alumni. Maka dari itu ia berkeyakinan bahwa mahasiswa akan lebih enjoy dalam belajar.

"Dan dalam satu sisi mahasiswa juga akan dapat mewujudkan satu pembangunan karakter yang komprehensif bagaimana semangat Muhammadiyah dalam dunia pendidikan dan sekaligus punya nilai tambah sebagai mahasiswa ketika mereka bermasyarakat nanti," sambungnya.

"Kita senang atas ditetapkannya Pak Nur Subeki sebagai Wakil Rektor III," tandasnya kemudian.