Petugas gabungan yang melakukan penertiban masyarakat yang masih berkeliaran di kawasan Rampal (Ist)
Petugas gabungan yang melakukan penertiban masyarakat yang masih berkeliaran di kawasan Rampal (Ist)

MALANGTIMES - Petugas gabungan, Polisi, Satpol PP maupun TNI, kembali melakukan operasi Cipta Kondisi (Cipkon) rutin. Operasi tersebut guna melakukan penertiban terhadap masyarakat yang masih berkeliaran di masa wabah Covid-19 yang masih menghantui hingga saat ini (11/4/2020).

Sasarannya di kawasan Lapangan Rampal. Dilokasi tersebut, kurang lebih sekitar 500 meter memang terdapat banyak deretan warung-warung kopi dan kafe yang banyak dikunjungi masyarakat.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Dan seperti diketahui, jika di kawasan tersebut masuk kawasan atau lingkungan militer. Lalu seperti apa hasilnya, apakah terdapat konflik, kerusuhan ataupun keributan saat pentertiban ?.

Waka Polresta Malang Kota, AKBP Setyo Koes Heriyatno menjelaskan, jika saat melakukan Operasi Cipkon di kawasan Lapangan Rampal, meskipun berada di kawasan militer, tetap berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Tidak ada hal khusus yang perlu dicemaskan atau apa, karena sinergitas TNI dan Polri di Kota Malang sudah sinergi sangat bagus," jelasnya

Walaupun melakukan operasi Cipkon dalam rangka pentertiban untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat-tempat militer, kembali lagi, karena sinergitas para aparat sudah bagus dan kompak, kegiatan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Tujuan kita sama, mencegah Covid 19. Tadi di sana juga rekan-rekan TNI yang memberikan imbauan, pokoknya kita saling bahu-membahu. Kita beri imbauan secara persuasif, tidak arogan semuanya sama, mau itu tempat ada di kawasan militer ataupun tempat masyarakat biasa perlakuan kita sama," terangnya.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

Ia juga menyampaikan, jika dari lokasi-lokasi usaha yang didatangi oleh petugas, terdapat upaya baik dari pemilik usaha. Kesemuanya sudah menyediakan tempat-tempat cuci tangan para pengunjung.

"Tidak membandel, sudah ada yang menyediakan tempat cuci tangan, mengatur jarak antar pengunjung. Namun hanya beberapa ditemukan pengunjung yang tidak menggunakan masker," bebernya.

Sementara itu, dalam operasi Cipkon Gabungan ini, dibagi menjadi enam tim. Enam tim tersebut disebar ke kawasan Jalan Jakarta, Jalan Letjen Sutoyo, Jalan Borobudur, kawasan Jalan A. Yani dan kawasan Araya.