Cuplikan dari video yang tengah viral, seorang pengendara sepeda motor nyaris tertimbun longsor.
Cuplikan dari video yang tengah viral, seorang pengendara sepeda motor nyaris tertimbun longsor.

MALANGTIMES - Pengendara motor nyaris tertimbun oleh longsoran tanah dari tebing di daerah Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur pada hari Kamis (9/4/2020).

Tepatnya kejadian tebing longsor tersebut terletak di Kampung Kaum RT.01 / RW.02 Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara, di Jalan Raya Sukanagara - Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. 

Baca Juga : Trending Twitter! Buku Karya Tere Liye Jadi Barang Bukti Aksi Vandalisme Anarko

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB yang terekam dalam video yang tengah viral di WhatsApp Group berdurasi sekitar 30 detik. Dalam video detik-detik longsornya tebing tersebut menunjukkan pengendara motor yang hampir tertimbun longsoran tanah. 

Pengunjung yang tengah singgah di warung-warung yang berada disekitar lokasi, berlari berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri takut akan merembet dan menelan korban jiwa. 

Dalam video viral tersebut tampak ibu-ibu yang berteriak dengan diikuti anak kecil yang menangis ketakutan melihat kejadian longsor di depan mata kepalanya secara langsung. 

Menurut informasi yang diterima MalangTIMES, kawasan jalan raya tersebut terlihat normal dengan lalu lalang kendaran seperti mobil dan sepeda motor. 

"Kamis (9/4/2020) sekitar pukul 14.00 WIB hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur wilayah Sukanagara. Karena tidak tahan menahan beban dari guyuran hujan, sehingga tebing tersebut longsor dan menutup badan jalan yang menghubungkan dari arah Cianjur ke arah Pagelaran," demikian keterangan yang disampaikan dalam unggahan video tersebut. 

Akibat dari longsor yang menutup badan jalan Provinsi ini, menyebabkan arus kendaraan dari kedua arah tidak bisa di lewati oleh mobil maupun sepeda motor. 

Dari kejadian musibah longsor tersebut, tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi terdapat kerugian materiil berupa satu unit sepeda motor yang tertimbun oleh tanah longsor.

Baca Juga : Bukunya Viral Jadi Barang Bukti Kasus Anarko, Tere Liye Beri Respon Begini

Sementara itu, dikutip dari @warungjurnalis, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokh Irfan Sofyan, mengatakan sampai saat ini belum ada informasi korban akibat longsor di Sukanagara itu. Pihaknya masih melakukan pendataan.

"Betul jadi terjadi longsor di Desa Sukanagara, Kecamatan Sukanagara. Sampai saat ini lagi di-assesment dan belum ada korban. Mudah-mudahan, tidak ada," tuturnya saat dihubungi Kamis (9/4/2020). 

Meskipun belum ada laporan korban, Irfan menyebut ada sepeda motor yang tertimbun longsor. Namun belum diketahui di mana keberadaan pengendaranya. “Meskipun tadi ada motor yang ketindihan, kayaknya lari juga itu pengendaranya," kata dia.