CEO Twitter Jack Dorsey telah menyumbangkan USD 1 Milliar untuk membantu penanganan Covid-19. (Foto: Instagram @forbes)
CEO Twitter Jack Dorsey telah menyumbangkan USD 1 Milliar untuk membantu penanganan Covid-19. (Foto: Instagram @forbes)

MALANGTIMES - Gelombang kepedulian terhadap pandemi Covid-19 terus mengalir. Terbaru, CEO Twitter Jack Dorsey mengumumkan bahwa pihaknya juga akan turut berderma dalam upaya penanganan pandemi global ini. 

Niat itu disampaikan melalui pernyataan resmi di akun twitter pribadi CEO Twitter Jack Dorsey. Dia mengungkapkan bahwa dirinya telah menyumbangkan USD 1 milliar atau setara dengan Rp 16,3 triliun digunakan untuk menangani Covid-19. 

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

"Saya memindahkan $ 1B dari ekuitas Square saya (~ 28% dari kekayaan saya) ke #startsmall LLC untuk mendanai bantuan Covid-19 global. Setelah kami melucuti pandemi ini, fokusnya akan beralih ke kesehatan dan pendidikan anak perempuan, dan UBI. Ini akan beroperasi secara transparan, semua aliran bisa dilacak di sini," ujarnya dalam cuitan di akun twitter pribadinya @jack, Rabu (8/4/2020). 

Bantuan pendanaan yang diberikan setara dengan 28 persen dari harta keseluruhan yang dimiliki Jack Dorsey. Dari catatan Forbes, Jack Dorsey memiliki harta bersih mencapai angka USD 3,3 Milliar. 

Jack Dorsey mengungkapkan alasannya terkait bantuan pendanaan untuk penanganan Covid-19 yang diberikan dan difokuskan untuk kesehatan, pendidikan, anak perempuan dan UBI (Universal Basic Income). 

"Saya percaya mereka mewakili solusi jangka panjang terbaik untuk masalah eksistensial yang dihadapi dunia. UBI adalah ide bagus yang membutuhkan eksperimen. Kesehatan dan pendidikan perempuan sangat penting untuk menyeimbangkan," ungkapnya. 

Jack Dorsey kembali menerangkan terkait alasannya memilih #startsmall LLC yang membuat dirinya lebih fleksibel dalam penyaluran bantuan pendanaan penanganan Covid-19. 

"Ini segmen dan mendedikasikan saham saya untuk penyebab ini, dan memberikan fleksibilitas. Hibah akan dibuat dari Start Small Foundation atau LLC langsung berdasarkan penerima manfaat. Semua transfer, penjualan, dan hibah akan diumumkan ke publik di lembar pelacakan," terangnya. 

Baca Juga : Kelompok Anarko Beraksi Lagi Sebarkan Tulisan Provokatif, Rencana Aksi Massal Terbongkar

Transparansi yang dilakukan Jack Dorsey sudah selayaknya dilakukan, agar dapat memotivasi masyarakat untuk berbuat kebaikan kepada masyarakat umum lainnya. 

"Saya telah menemukan dan mendanai (USD 40mm) banyak org dengan dampak dan efisiensi yang terbukti di masa lalu, kebanyakan secara anonim. Ke depan, semua hibah akan menjadi publik. Saran diterima. Taruh aplikasi tunai Anda," jelasnya. 

Alasan Jack Dorsey memberikan bantuan sekarang, karena dilihat kebutuhan semakin mendesak dan dirinya ingin melihat dampaknya setelah diberikan bantuan tersebut. 

"Saya harap ini menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa. Hidup ini terlalu singkat, jadi mari kita lakukan semua yang kita bisa hari ini untuk membantu orang sekarang," pungkasnya.