Butuh Bantuan Polisi, Download Saja Aplikasi Ini, Ada Infromasi DPO Juga di Dalamnya

Apr 08, 2020 18:58
Aplikasi Jogo Malang (Ist)
Aplikasi Jogo Malang (Ist)

MALANGTIMES - Untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat Polresta Malang Kota menyediakan aplikasi smartphone  bernama Jogo Malang. 

Dalam aplikasi tersebut, sejumlah pelayanan dari seluruh unit, mulai dari Sabhara, Satlantas, Satreskrim, Satreskoba, Intelkam hingga pelayanan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) tersedia dalam aplikasi.

Baca Juga : Sistem Keamanan Rendah, Data Pribadi Rentan Bocor Saat Rapat Online Pakai Zoom

Tak hanya itu saja, dalam aplikasi Jogo Malang juga bisa melihat informasi perkembangan laporan dari masyarakat. Bahkan, dalam aplikasi tersebut juga tersedia informasi orang-orang yang telah dilaporkan dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Sejak dilaunching beberapa waktu lalu, sampai saat ini, aplikasi Jogo Malang telah diunduh sekitar 6140 orang. Dari jumlah tersebut, separuhnya merupakan pengguna aktif aplikasi tersebut.

"Jika dari rentang usia, pengunduh usia 17 - 24 tahun sebanyak 350. Sementara usia 24 tahun ke atas, jumlahnya ribuan orang," terang Kasubbag Humas Polresta Malang Kota, Iptu Ni Made Seruni Marhaeni.

Selain pelayanan SKCK maupun SPKT, dalam aplikasi tersebut juga tersedia layanan lain seperti fitur pengaduan masyarakat.

 Masyarakat yang telah terdaftar bisa memberikan informasi atau pengaduan mengenai kejadian lalu lintas, kriminal atau kejadian lainnya yang terjadi di daerah sekitarnya.

"Dalam pengaduan tentunya tidak sembarangan, harus mengisi lokasi kejadian, menejelaskan singkat apa yang terjadi, kategori pengaduan dan setidaknya memberikan foto kejadian dan kemudian ditujukan kepada petugas," jelas Kasubag Humas Polresta Malang Kota Iptu Ni Made Seruni Marhaeni.

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, dalam aplikasi tersebut masyarakat juga bisa menginformasikan mengenai kegiatan yang akan mereka gelar dengan masuk menu informasi warga. 

Baca Juga : Hati-Hati, Pengguna Windows 10 Diintai Patch “KB4535996“

Informasi perihal lokasi-lokasi penting seperti kantor polisi, kantor pemerintahan, dan kemudian informasi nomor-nomor penting seperti kantor polisi, rumah sakit dan lainnya juga tersedia dalam aplikasi.

"Masyarakat yang membutuhkan pelayanan tinggal mengisi formulir secara online, kemudian setelah selesai akan muncul barcode. Barcode itu nantinya diserahkan kepada pelayanan yang dibutuhkan, misalnya membutuhkan perpanjangan SIM maka tinggal menunjukkan barcode tersebut ke kantor Satpas," bebernya.

Pada aplikasi Jogo Malang, juga terdapat tombol panic button, dimana tombol tersebut bisa ditekan ketika masyarakat membutuhkan bantuan petugas untuk datang ke lokasi pada situasi yang darurat.

"Aplikasi masih terus dikembangkan agar pelayanan lebih maksimal. Sementara ini masih di ponsel Android," pungkasnya 
 

Topik
MalangBerita Malangberita malang hari iniBantuan PolisiPolresta Malang Kotaaplikasi Jogo MalangKasubbag Humas Polresta Malang KotaIptu Ni Made Seruni Marhaeni

Berita Lainnya

Berita

Terbaru