Tampilan Windows 10 (pcmag)
Tampilan Windows 10 (pcmag)

MALANGTIMES - Kebijakan Microsoft menghentikan dukungan sistem operasi Windows 7 sejak 14 Januari 2020 mendorong pengguna untuk migrasi ke Windows 10. Namun sayangnya, Windows 10 ternyata juga masih menyisakan celah keamanan.

Kabar soal celah-celah keamanan Windows 10 banyak beredar. Seperti yang dilansir laman gamebrott, Jumat (13/3/2020). 

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Laman itu menyebut ada versi patch KB4535996 di dalam Windows 10 saat pengguna update dari Microsoft. Entah itu versi driver yang terbaru, patch-patch untuk fix beberapa bug dan lainnya, versi patch KB4535996 dikabarkan memiliki hidden bug. 

Patch ini, disebut-sebut bisa mengakibatkan personal computer (pc) pengguna mengalami bluescreen. Selain itu, patch ini juga membuat sistem lagu dan node standby jadi tak berfungsi.

Pihak Microsoft pun pada tanggal 20 Februari 2020 lalu mengakui bahwa di patch sebelumnya ada bug. Mereka pun melakukan berbagai perbaikan di patch barunya. 

Tapi, hal itu malah menjadi kontraproduktif. Pasalnya, setumpuk bug tambahan semakin banyak dan mengintai para pengguna Windows 10.

Salah satu cara yang disarankan Microsoft, yakni menginstal pembaruan itu jika telah tertanam di PC pengguna.

Patch KB4535996 ini untungnya merupakan optional update. Artinya, para pengguna tak perlu menginstal bila dirasakan tak membutuhkan. Juga tak akan menggangu operasi Windows 10. 

Hal ini yang membuat Microsoft menyarankan jalan keluar dengan melakukan uninstall untuk menghilangkan bug yang ada di patch itu. Terutama bila terlanjur menginstalnya dan membuat pengguna terganggu dikarenakan patch  KB4535996 membawa bug yang membuat startup  lama, bluescreen yang parah hingga dengan malfungsi mode standby.

Baca Juga : Keren! Ini Robot untuk Sterilisasi dan Disinfeksi Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Nah, bagi yang ingin tetap update Windows 7 ke 10 serta mendapatkan dukungan terbaru dari Microsoft, setelah mengetahui persoalan patch KB4535996, pengguna disarankan untuk mengupgradenya tanpa dipungut biaya.

Dengan catatan, seperti dilansir infokomputer.grid.id perangkat yang bisa mengupgrade windows 10 gratis, yaitu melalui loophole, adalah perangkat yang telah menjalankan Windows 7 atau 8 versi legal.

Bagi Anda dengan syarat itu, maka bisa lakukan upgrade dengan mengabaikan patch KB4535996, seperti dikutip Forbes, sebagai berikut :

1. Masuk ke situs download Windows 10.
2. Klik 'Download Tool Now' untuk mengunduh Windows 10 Media Creation Tool.
3. Setelah proses download selesai, buka file yang diunduh dan terima syarat dan ketentuan lisensi.
4. Pilih opsi 'Upgrade this PC now' lalu klik Next.