Petugas saat melihat kondisi tanah longsor di Jalan Rajek Wesi-Klemuk, RT 03/RW 01, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto,Kecamatan Batu. (Foto: istimewa)
Petugas saat melihat kondisi tanah longsor di Jalan Rajek Wesi-Klemuk, RT 03/RW 01, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto,Kecamatan Batu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Awal bulan April di tengah pandemi covid 19 sudah tiga kejadian bencana alam menimpa Kota Batu. Bencana alam itu yakni tanah longsor yang terjadi di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji dan Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Pada Rabu (8/4/2020) kejadian longsor itu terjadi di Jalan Rajek Wesi-Klemuk, RT 03/RW 01, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Untungnya pada saat terjadi kondisi jalan tersebut sedangan dilakukan penutupan jalan.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

“Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu menyebabkan tebing di tepi Jl. Rajek Wesi-Klemuk, Kelurahan Songgokerto tidak mampu menahan resapan air hujan,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Saat air tidak dapat menahan resapan air hujan menyebabkan tanah longsor. Sehingga menyebabkan material longsor menutup separuh badan jalan di Jalam Raya Rajek Wesi.

Akibatnya tebing mengalami longsor dengan dimensi panjang 18 meter, lebar 7 meter dan tinggi 30 meter. Tanah longsor yang menutup badan jalan itu langsung dibersihkan.

“Pengerukan itu juga dibantu dengan alat berat. Dilanjutkan dengan penyemprotan ruas Jalan Rajek Wesi-Klemuk untuk membersihkan material longsor,” imbuhnya.

Personel yang terlibat yakni BPBD Kota Batu, TAGANA Kota Batu, Dinas PUPR Kota Batu, Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, Agen Bencana Provinsi Jawa Timur, Babinsa Kelurahan Songgokerto, Perhutani, Perangkat Kelurahan Songgokerto, Linmas Kelurahan Songgokerto, Garda Relawan, dan warga.

Baca Juga : Lari seperti Kesurupan, Pendaki Hilang di Gunung Buthak Panderman Batu

Sedangkan dua longsor yang terjadi Desa Sumber Brantas terjadi di Dusun Lemah Putih dan Dusun Krajan Minggu (5/4/2020). Longsor terjadi akibat adanya pergeseran tanah pada saat hujan. 

Tanah longsor di Dusun Krajan memiliki ketinggian 3,5 meter, panjang 9 meter dan lebar 1 meter. Sedangkan longsor di Dusun Lemah Putih memiliki panjang 10 meter dan tinggi 10 meter.