Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat melakukan penyemprotan di Kota Batu, Selasa (31/3/2020). (Foto : Polres Batu )
Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama bersama Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat melakukan penyemprotan di Kota Batu, Selasa (31/3/2020). (Foto : Polres Batu )

MALANGTIMES - Polres Batu berencanan akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang akan masuk di Kota Batu. Beberapa titik posko dipersiapkan untuk pencegahan virus corona atau covid 19.

“Ada kesepakatan lain diberlakukan dengan pengawasan ketat di beberapa titik keluar masuk,” kata Kapolres Batu, AKBP Harviadhi Agung Prathama.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

Ia menambahkan ada beberapa posko yang disiapkan untuk pengawasan ketat yakni berada di simpang tiga Pendem Kecamatan Junrejo, Jalan Klemuk Pujon Kecamatan Batu, (Pintu Masuk Songgoriti dari Pujon). “Nanti yang di Klemuk ini akan kita tutup portalnya juga,” tambahnya.

Setiap kendaraan yang masuk itu akan dilakukan pemeriksaan screening dengan thermal gun. Apabila didapati warga yang kurang sehat, akan ditindaklanjuti dengan menghubungi Dinas Kesehatan.

“Terutama yang masuk ke Kota Batu menggunakan kendaraan apapun dihentikan dan pemeriksaan, jika didapati memang kurang sehat nanti segera ditindak lanjuti Dinas Kesehatan dengan sistem on call,” jelas Harvi.

Untuk melaksanakan pengawasan ketat itu ditempatkan dengan personel gabungan di masing-masing posko. Terdiri dari Polri, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan linmas. “Supaya kita sama-sama bersinergi pengawasan secara ketat di jalur kelur masuk,” imbuhnya.

Selain itu Polres Batu bersama tim gabungan itu juga akan melakukan patrol gabungan. Yang akan dilaksanakn di kawasan Jalur Lintas Barat (Jalibar) juga kawasan Cangar.

Baca Juga : Lari seperti Kesurupan, Pendaki Hilang di Gunung Buthak Panderman Batu

“Nanti diberlakukan patrol mobiling gabungan juga jika didapati kerumunan masyarakat yang nongkrong terpaksa dihalau,” tutup bapak yang dikarunian dua anak ini.

Pengawasan ketat itu dilaksanakan agar masyarakat masik ke Kota Batu agar diketahui kondisi kesehatannya. Untuk mencegah menyebarnya virus corona di Kota Batu.