Colok, tukang ojek yang membantu perempuan pingsan di Alun-Alun Kota Batu beberapa hari lalu. (Foto: istimewa)
Colok, tukang ojek yang membantu perempuan pingsan di Alun-Alun Kota Batu beberapa hari lalu. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Sudah menjadi viral kejadian seorang perempuan berhijab tiba-tiba tergeletak  tak sadarkan di Jalan Munif, kawasan Alun-Alun Kota Batu, Sabtu (28/3/2020). Namun, saat itu tidak ada yang berani menolong perempuan itu karena takut terjadi apa-apa. Apalagi, sekarang corona atau covid-19 tengah mewabah.

Tukang parkir maupun warga yang melihat perempuan pingsan itu lebih memilih melaporkan kejadian  kepada petugas Polres Batu.

Baca Juga : Di Jalanan, Senyum-senyum Merekah Menerima Sembako Bantuan UIN Malang

Namun, sebelum polisi datang, ternyata perempuan tersebut sadar. Dia  bangun dan menuju pangkalan ojek yang tidak jauh dari lokasi tersebut. 

Dari beberapa tukang ojek yang mangkal, hanya Colok, warga Dusun Glonggong, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, yang memberanikan diri membantu perempuan tersebut.  Colok beralasan memberanikan diri membantu karena tidak tega melihat kondisi perempuan tersebut. Dia mengantar perempuan itu ke Jalan Rinjani, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. 

Rupanya keberaniannya itu menarik simpati salah satu aparatur sipil negara (ASN ) Kota Batu yang juga pemilik salah satu toko oleh-oleh, yakni Kairo Latief Setiawan. Latief pun langsung memberikan apresiasi berupa uang tunai.

Latief memanggil Colok. Kemudian uang tunai Rp 1 juta  diberikan kepada tukang ojek itu. “Dalam kondisi seperti ini, yang lain nggak malah membantu, cuma melihat. Ya mungkin paranoid dengan corona ya,” ucapnya.

“Ya intinya karena ketulusan dan keikhlasan Pak Ojek, jadi saya tertarik memberikan sesuatu yang nilainya nggak besar. Paling tidak untuk menggugah atau memberikan contoh untuk saling berbagi,” kata Latief, Senin (30/3/2020).

Baca Juga : Lawan Covid-19, Pewarta Kodew Malang Bagikan Vitamin ke Tukang Becak

Hati Latief tergugah untuk memberikan apresiasi itu setelah mendapat infromasi tersebut di salah satu grup media sosial Whatsapp.  Akhirnya dia mencari tukang ojek bernama Colok itu.