Pewarta Kodew Malang saat membagikan paket bantuan kepada pekerja di jalan yang masih berjuang di tengah pandemi covid-19. (Istimewa).
Pewarta Kodew Malang saat membagikan paket bantuan kepada pekerja di jalan yang masih berjuang di tengah pandemi covid-19. (Istimewa).

MALANGTIMES - Jurnalis Perempuan Malang atau yang lebih akrab disapa Pewarta Kodew Malang membagikan paket bantuan berupa vitamin, masker, dan sabun kepada tukang becak dan pekerja jalanan. Aksi bagi-bagi itu pun dilakukan di sekitar Jalan Basuki Rahmat atau kawasan Kayutangan, Senin (13/4/2020).

Dengan kompak, para pewarta perempuan dari berbagai media mainstream di Malang Raya itu bersatu membagikan ratusan paket. Harapannya, masyarakat yang masih berjuang di jalan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya tetap memiliki kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya masing-masing.

Baca Juga : Sehari 9 Korban Covid-19 di Surabaya Meninggal, Gubernur Minta Contoh Magetan Tekan Kasus

Salah satu jurnalis, Hilda Daningtyas, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian. Sebab,  hingga saat ini, masih banyak pekerja jalanan di Malang Raya yang belum menggunakan masker. Padahal, mereka berisiko tinggi terpapar virus karena bertugas di jalan.

"Meski pemerintah telah mengimbau wajib pakai masker. Tetapi masih banyak yang belum pakai, terutama sopir angkot, tukang becak dan ojek online,” terang Hilda.

Perempuan berhijab itu menyampaikan, 100 paket bantuan tersebut merupakan hasil iuran jurnalis perempuan yang dikumpulkan sejak Selasa (7/4/2020) lalu.

Saat membagikan bantuan, tak lupa juga dilakukan edukasi kepada para pekerja di jalan yang masih berjuang terkait pentingnya mengenakan masker. Juga edukasi tentang meminum vitamin agar tetap bugar dan terhindar dari sebaran virus.

“Semoga bantuan kami dapat bermanfaat untuk para pekerja jalanan yang sampai saat ini bertahan meski kondisinya sulit," tambah Hilda.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Meningkat, Polres Malang Ancam Warga yang Tolak Pemakamannya

Hilda juga menyampaikan bahwa masker yang dibagikan tersebut merupakan masker kain yang juga merupakan hasil donasi. Pemberian masker kain juga sesuai dengan anjuran pemerintah agar senantiasa menjaga kesehatan diri saat beraktivitas di luar rumah.