Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama bersama petugas saat melakukan penjagaan saat physical distanding di perumahan. (Foto: istimewa)
Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama bersama petugas saat melakukan penjagaan saat physical distanding di perumahan. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Bukan hanya di Jalan Sultan Agung sebagai kawasan physical distancing di Kota Batu, tetapi juga ada di beberapa area perumahan. Totalnya ada tiga kawasan yang ditetapkan dengan kawasan physical distancing di Kota Batu.

3 kawasan itu yakni Perumahan Grand Mutiara di Kecamatan Junrejo. Lalu di Kawasan Perumahan Kusuma Pesanggrahan Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu, dan Kawasan Perumahan Kusuma Hill Kecamatan Batu. 

Baca Juga : Di Jalanan, Senyum-senyum Merekah Menerima Sembako Bantuan UIN Malang

Diberlakukannya kawasan tersebut pada pukul 08.00 – 12.00 WIB siang dan malam pukul 19.00-23.00 WIB untuk hari Sabtu dan Minggu, yang langsung dilakukan penjagaan di area tersebut oleh petugas. 

Kapolres Batu AKBP Harviadhi Agung Prathama mengatakan, dengan diberlakukannya kawasan physical distanding itu bebas dari aktivitas kendaraan dan orang. “Dengan harapan kita tidak mematikan rumah makan,” katanya.

Sedangkan untuk kawasan juga demikian, diimbau untuk tidak keluar masuk kompleks perumahan apabila tidak ada kepentingan yang mendesak. “Kawasan itu akan dibuka jika jam ketentuan sudah selesai,” imbuh Harvi.

Selain itu saat petugas menjaga pintu gerbang dan memberikan informasi kepada setiap warga yang memiliki rumah. Kemudian juga memberikan imbauan agar pemilik rumah memesan makanan melalui online.

Menurutnya kegiatan itu dilakukan untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 atau virus corona di Kota Batu. Sedangkan pada penutupan Sabtu (28/3/2020) sudah berjalan dengan memuaskan.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

“Kegiatan itu bukan hanya dilakukan sebagai kawasan physical distancing di Kota Batu. Tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat,” tambahnya. 

“Salah satunya dengan menjaga jarak karena ini sebagai upaya memutus rantai penularan virus Covid-19,” tutupnya.