Anggota DPR RI Dapil Malang Raya dari Partai Golkar Ir H M Ridwan Hisjam. (istimewa)
Anggota DPR RI Dapil Malang Raya dari Partai Golkar Ir H M Ridwan Hisjam. (istimewa)

MALANGTIMES - Anggota DPR RI Dapil Malang Raya dari Partai Golkar Ir H M. Ridwan Hisjam memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap tenang menghadapi covid-19 atau virus corona.

Baca Juga : Kabar Baik, Satu Pasien Positif Covid19 Tulungagung Dinyatakan Sembuh

"Kita harus tetap tenang dalam menghadapi situasi seperti ini. Yakinlah kami di legislatif maupun eksekutif akan berupaya mencari solusi yang terbaik untuk masyarakat. Apalagi sudah ada sikap dari Bapak Presiden dalam hal ini dikeluarkannya Kepres 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)," ujar Ridwan Hisjam.

Politisi Partai Golkar yang juga anggota Komisi VII DPR RI ini melanjutkan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama instansi terkait perlu menjelaskan protokol-protokol pencegahan virus corona hingga ke daerah setingkat paling rendah. yakni desa. Hal itu juga harus disertai sosialisasi cara penanggulangannya bila virus itu sudah masuk ke lingkungan masyarakat sekitarnya.

"Virus ini diperkirakan berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia serta dari manusia ke manusia. Penularan antarmanusia kemungkinan besar melalui percikan dahak saat batuk atau bersin bahkan kontak langsung," papar Ridwan. 

Ketika terinfeksi virus corona, seseorang akan mengalami gejala mirip flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, beberapa hari setelahnya, orang yang terserang infeksi virus corona bisa mengalami sesak napas akibat infeksi paru-paru (pneumonia). 

Oleh sebab itu, Ridwan Hisjam memberikan tips dan trik sebagai berikut.

1. Bawa Plastik ketika Berpergian

Meski imbauan pemerintah agar mengurangi keluar rumah, bukan tidak mungkin masyarakat masih melakukan aktivitas di luar rumah, terutama yang aktif bekerja. Karena itu, Ridwan mengimbau untuk membawa plastik bening ukuran 1 kg saat akan meninggalkan rumah.

Plastik tersebut bisa digunakan untuk menyimpan uang yang telah digunakan untuk transaksi pembelian. "Pastikan semua uang kembalian jangan dipegang, tapi masukkan ke kantong plastik itu dan tutup rapat. Setelah ada kesempatan, jemur plastik tersebut beserta uang tadi di bawah terik matahari. Paling tidak 30 menit. Insya Allah sudah cukup aman," kata Ridwan.

Di Italia sendiri yang saat ini menjadi negara peringkat kedua setelah China untuk penyebaran virus corona yang paling besar, 70 persen penderita corona tertular dari uang. Padahal di sana sudah safety memakai masker dan lain sebagainya. Tapi warga Italia tidak sadar ternyata tertularnya dari uang.

"Maka dari itu, sekarang mereka pembayaran sudah mulai beralih ke elektronik. Kalau kita di Indonesia bisa menggunakan seperti Ovo GO-PAY dan lainya. Virus corona itu kan nyebar bukan terbang melalui udara, tapi nempel di barang. Ya salah satu yang paling ringkih ya uang. Uang kan kotor dari tangan siapa aja," katanya.

2. Selalu Cuci Tangan atau Gunakan Hand Sanitizer

Jika melakukan aktivitas di luar rumah, sudah pasti tangan akan berinteraksi dengan barang ataupun manusia. Oleh karenanya, untuk menghindari virus yang menempel, Ridwan Hisjam juga mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan. Salah satunya dengan mencuci tangan.

"Mari kita mulai putuskan mata rantai penularan dari diri kita sendiri. Jangan lupa habis pegang uang atau interaksi apa pun, selalu cuci tangan. Sebab, banyak yang tertular itu sebenarnya bukan dari interaksi saja, melainkan dari uang," ungkap dia.

Lalu cuci tangan dengan apa sehingga tangan bisa tetap bersih? Ridwan Hisjam memberikan imbauan seperti apa yang Kementerian Kesehatan anjurkan. "Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun. Setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan," imbuhnya.

Baca Juga : Kota Batu Siapkan 3 Shelter Isolasi Covid-19, Anggarannya Rp 1,3 Miliar

Selain itu, hand sanitizer  bisa menangkal menempelnya kuman atau virus corona ke tangan yang sering berinteraksi. Sebab, hand sanitizer berbasis alkohol 70 persen yang dipercaya lebih efektif untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya di tangan.

3. Menjaga Kekebalan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, Ridwan Hisjam menyarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan berprotein seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak.

"Bila perlu, Anda juga menambah konsumsi suplemen sesuai anjuran dokter. Selain itu, rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan virus corona," ungkapnya.

4. Gunakan Masker

Masker sendiri adalah salah satu pencegahan penyebaran virus corona. Sebab, secara tidak langsung jika antarmanusia berinteraksi melalui pembicaraan atau ngobrol, tentunya virus juga bisa menular.

"Karenanya masker juga bisa digunakan salah satu pencegahan menyebarnya virus Corona itu," ucap Ridwan Hisjam.

5. Hindari Keramaian

Untuk sementara waktu, kerumunan massa adalah yang berpotensi penyebaran virus corona. Pasalnya, secara tidak langsung, jarak antarmanusia di dalam kerumunan massa tidak lebih dari satu meter.

"Sementara waktu perbanyak di rumah bersama keluarga. Apalagi ada himbauan dari pemerintah sementara waktu di rumah dulu. Tidak pergian ke kota yang terjangkit. Lalu juga perbanyaklah berdoa. Dan bagi yang beragama Islam, jangan tinggalkan 5 kewajibannya dan wudu merupakan cara efektif untuk menghindari dari penularan virus," bebernya.