Bupati Malang Sanusi dalam acara persiapan penyerahan mobil perpustakaan keliling ke DPA Kabupaten Malang (Humas for MalangTimes)
Bupati Malang Sanusi dalam acara persiapan penyerahan mobil perpustakaan keliling ke DPA Kabupaten Malang (Humas for MalangTimes)

MALANGTIMES - Banyaknya anggapan rendahnya literasi di Indonesia dari berbagai kalangan, kerap dibantah oleh para penggiat buku. 

Tak terkecuali di Kabupaten Malang yang secara fisik telah memiliki ratusan perpustakaan desa.

Hampir mencapai 225 perpustakaan di tingkat desa berdiri. 

Baca Juga : Tangkal Covid, Pemkab Malang Sediakan Safe House di Seluruh Desa

Lepas dari berbagai perpustakaan mandiri yang dikelola secara pribadi, memperlihatkan asumsi berbeda dengan banyaknya data terkait angka literasi yang rendah.

Para penggiat buku lebih menyorot pada jumlah dan varian buku yang kurang dibandingkan rendahnya angka membaca di masyarakat.

Kondisi ini yang membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang pun siap mendorong persoalan itu. 

Yakni dengan adanya mobil baru perpustakaan keliling di bawah Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kabupaten Malang yang resmi diserahkan oleh Bupati Malang Sanusi, Senin (16/3/2020).

Keberadaan mobil perpustakaan keliling dari hibah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, diproyeksikan sebagai jembatan dalam menambal lubang literasi selama ini di Kabupaten Malang.

"Harapan saya dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini akan memberikan kemudahan akses informasi, dan pelayanan perpustakan kepada masyarakat, sampai ke pelosok desa," kata Sanusi, Senin (16/3/2020).

Untuk lebih meningkatkan literasi masyarakat itu pula, Sanusi menginstruksikan ke DPA Kabupaten Malang, bisa segera mengoperasikan mobil perpustakaan keliling itu. 

Sekaligus menjalin kerjasama dengan keberadaan perpustakaan di desa yang tersebar di Kabupaten Malang.

"Sudah saya perintahkan kepala dinas untuk segera operasikan itu. Selain berkolaborasi dengan perpustakaan desa yang ada," ujarnya.

Baca Juga : Bupati dan Plt Wali Kota Blitar Kompak Sumbangkan Gaji Selama Pandemi Covid-19

Di kesempatan sama, Abdul Haris Kepala DPA Kabupaten Malang menyampaikan fasilitas yang ada di mobil perpustakaan keliling yang siap dioperasionalkan.

Dimana, selain berbagai koleksi buku bacaan yang menjadi sorotan para pecinta buku dinilai kurang selama ini. 

Mobil perpustakaan keliling ini memiliki juga layar multimedia yang bisa dinikmati masyarakat, khususnya para pelajar.

"Jadi lengkap sehingga bisa memberikan nilai tambah dengan adanya perpustakaan desa. Rencana kita dengan mobil ini adalah sekolahan di berbagai pelosok desa," ujarnya.

Tak hanya itu, untuk menambah daya literasi masyarakat, Pemkab Malang juga meresmikan gedung Dinas Perpustakaan Kabupaten Malang yang beralamatkan di Jalan Panglima Sudirman Nomor 19 Kepanjen. 

Dimana, gedung itu nantinya akan menjadi semangat para punggawa DPA untuk semakin menggencarkan budaya membaca di masyarakat.