Najwa Shihab Bela Finalis Putri Indonesia yang Salah Lafalkan Pancasila

Mar 07, 2020 14:56
Unggahan Najwa Shihab di Instagram-nya. (Foto: istimewa)
Unggahan Najwa Shihab di Instagram-nya. (Foto: istimewa)

Puncak grand final ajang pemilihan Putri Indonesia 2020 yang digelar Jumat malam (6/3/2020) ramai diperbincangkan. Publik menyoroti finalis Putri Indonesia asal Sumatera Barat Kalista Iskandar lantaran tidak berhasil melafalkan Pancasila dengan benar.

Presenter dan jurnalis Najwa Shihab turut menanggapi persoalan ini. Dirinya memahami kegugupan Kalista. Najwa bahkan menceritakan pengalamannya dulu saat siaran langsung pertama di televisi.

Baca Juga : Dream Theater Jadwal Ulang Konser Turnya di Indonesia Akibat Corona

"Ramai soal Puteri Sumatera Barat Kalista Iskandar yang sempat salah menyebutkan Pancasila saat menjawab pertanyaan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain," tulisnya dalam caption unggahan foto di Instagram-nya.

Najwa juga teringat pengalaman meliput bencana tsunami di Aceh. Karena kekalutan situasi, Najwa salah menyebut Kota Calang menjadi Calung.

"Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi," ungkapnya.

Jadi, Najwa bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. "Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton," imbuhnya.

Najwa juga bercerita bahwa Ketua MPR Bambang Soesatyo, yang tadi malam mengajukan pertanyaan hafalan itu, juga pernah berada di situasi yang hampir mirip.

 

"Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali," katanya. "We are all humans after all," tandasnya.

Baca Juga : Billboard Indonesia Top 100: Lagu-Lagu Andmesh Kamaleng Duduki Top 4

Untuk diketahui, momen Kalista tidak berhasil melafalkan Pancasila dengan benar itu disiarkan langsung di SCTV. Kalista mendapat pertanyaan dari Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

Kalista pun sempat memberi komentar soal kejadian ini melalui fitur Instastory Instagramnya @kalistaiskandar  Sabtu (7/3/2020). Dia memberi penjelasan dalam bahasa Inggris.

"The biggest thing to take from tonight is that it's okay to br nervous as long as you continue to hold your head up high and stay proud of you are (Pelajaran terbesar yang dapat diambil dari malam ini adalah tidak apa-apa untuk gugup selama kamu terus mengangkat kepalamu dan tetap bangga pada dirimu," tulisnya.

Kalista menyatakan bahwa ia tak ingin terlalu memikirkan kesalahannya tersebut. Ia merasa tetap bangga terhadap pencapaiannya di ajang Putri Indonesia sejauh ini.

"This will be something for me to learn from. It isn't the end of my journey, it's just the beginning. Stay safe, stay proud of who you are, and stay kind of each other," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru