Tinggal Tunggu Proses Administrasi, Seksi V Tol Mapan Segera Beroperasi

Mar 05, 2020 12:10
Ruas tol Malang-Pandaan (Dok. MalangTIMES)
Ruas tol Malang-Pandaan (Dok. MalangTIMES)

MALANGTIMES - Seksi V Tol Malang-Pandaan (Mapan) di Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, telah usai menjalani uji laik. Saat ini, proses administrasi untuk mendapatkan surat keputusan (SK) atau sertifikan layak operasi dari Bina Marga Kementerian PUPR RI tengah dijalankan.

Direktur Teknik PT JPM Siswantono menyampaikan, uji laik telah dilaksanakan pada 2 dan 3 Maret lalu. Uji laik salah satunya adalah untuk menyempurnakan beberapa kekurangan yang ada di tol. Selanjutnya, proses adiministrasi dilaksanakan.

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Karena SK yang dikeluarkan sebelumnya hanya untuk seksi I dan IV saja, perlu ada pembenahan dalam SK mulai dari seksi I hingga seksi V. Selanjutnya, tol dapat dioperasikan dan digratiskan di satu minggu pertama pengoperasian.

"Penyempurnaan sekitar dua minggu, dan administrasi mungkin satu minggu selesai. Jadi prakiraan tiga mingguan selesai," katanya.

Meski begitu, dia tak menjamin seluruh proses bisa dilaksanakan dalam tiga minggu. Sebab, masih ada kemungkinan proses malah bisa lebih cepat atau molor beberapa hari. Namun Siswantono memastikan jika seksi V tol Mapan akan dioperasikan dalam waktu dekat.

"Karena kita tidak bisa jamin administrasi selesai satu minggu tepat. Bisa saja ada pejabat yang dinas ke luar dan itu tak bisa dipaksa. Tapi bisa saja prosesnya lebih cepat atau mundur," terang Siswantono.

Sementara itu, saat ini proses pembenahan dan penyempurnaan di area pintu exit seksi V tol Mapan sudah dilakukan sedemikian rupa. Di antaranya dipasang traffic light (TL) dari beberapa sisi. Pelebaran jalan di luar pintu exit juga telah ramlung diselesaikan. "TL kami pasang dan akan dioperasikan saat tol Mapan sudah beroperasi," imbuh Siswantono.

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

TL yang dipasang itu nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang serta pihak Satlantas Polresta Malang Kota. Pemasangan dan penataan sebelumnya juga telah disesuaikan dengan studi andal lalin.

Topik
MalangBerita Malangmalang hari iniSeksi V Tol Malang PandaanKementerian PUPR RIDirektur Teknik PT JPM SiswantonoDishub Kota MalangTol Malang PandaanPolresta Malang Kota

Berita Lainnya

Berita

Terbaru