Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Budaya dan Seni

Manfaatkan Puisi Penyair Kawakan Kota Malang, Han Farhani Rilis Album "Duabelas Puisi"

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Jan - 2020, 17:45

Duabelas Puisi by Han Farhani. (Foto istimewa)
Duabelas Puisi by Han Farhani. (Foto istimewa)

MALANGTIMES - Sepanjang tahun 2019 lalu, belantika musik Malang Raya cukup ramai dengan rilisan album, extended play, maupun single dari musisi Malang Raya.

Lalu  penghujung 2019 kemarin ditutup dengan beberapa rilisan album. Sebut saja Morisade, Toxictoast, dan soloist Han Farhani.

Baca Juga : Timbulkan Polemik, Pencipta Lagu Aisyah Istri Rasulullah Merasa Dipermainkan

Album Han Farhani bisa dibilang menambah warna musik Malang Raya. Bertajuk Duabelas Puisi, Han memanfaatkan 12 puisi karya penyair-penyair kawakan Kota Malang sebagai lirik lagu-lagunya.

"Duabelas Puisi merupakan tajuk yang dipilih dari jumlah keseluruhan nomor puisi yang terdapat dalam album," ujar Han kepada MalangTIMES.

Puisi-puisi dalam Duabelas Puisi tersebut ditulis 5 penyair. Yaitu Tengsoe Tjahjono, Djoko Saryono, Nanang Suryadi, Yusri Fajar, dan Denny Mizhar.

https://risetcdn.jatimtimes.com/images/2020/01/02/WhatsApp-Image-2020-01-02-at-17.46.3567e88716783a8934.jpg

Agak menggelitik mendengarkan alasan Han memanfaatkan puisi-puisi tersebut. Katanya, se-simpel agar dirinya tidak susah-susah memikirkan lirik.

"Orang sudah capek-capek nulis puisi, artinya sudah jadi bagus. Jadi, kami nggak perlu mikir lagi liriknya. Tinggal pikir melodinya," ungkapnya.

Namun, tak dipungkiri bahwa hal yang dilakukan Han ini adalah salah satu bentuk apresiasi terhadap karya sastra puisi. Lima penyair tersebut juga adalah orang-orang yang kiprahnya tak diragukan.

Baca Juga : Pernah Bikin Album Bareng, Bebi Romeo Kenang Perjalanan Bermusik Bersama Glenn Fredly

"Ketika bikin musik, begitu masuk ke pembuatan lirik susah, gimana menulis lirik yang baik? Padahal, orang-orang sastra sampai dalam membahas puisi. Jadi, kami  mendekat ke sana," paparnya.

Tak ada tema besar yang memayungi Duabelas Puisi. Namun, sebagian besar puisi dalam Duabelas Puisi bercerita mengenai cinta dan keterasingan. "Pembuatannya dimulai semenjak 2011," imbuhnya.

Melalui proses bertahun-tahun yang cukup lama, Han memotret kegelisahan para penyair tersebut dan memindah-bentukkan teks tersebut menjadi sesuatu yang cukup mudah diterima orang-orang yang tak begitu sering membaca sebuah puisi.


Topik

Hiburan, Budaya dan Seni malang berita malang https //risetcdn.jatimtimes.com/images/2020/01/02/Manfaatkan-Puisi-Penyair-Kawakan-Kota-Malang-Han-Farhani-Rilis-Album-Duabelas-Puisib038f2292104fe51.jpg


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Sri Kurnia Mahiruni