Hasil kue tart yang dibuat dalam cuitan Alya. (Foto: twitter)
Hasil kue tart yang dibuat dalam cuitan Alya. (Foto: twitter)

MALANGTIMES - Baru-baru ini ada yang viral di laman media sosial Twitter, lantaran yang membagikan informasi cara membuat kue tart dengan cara yang mudah dan juga murah.

Bagaimana tidak, ia membagikan informasi membuat kue tart yang cukup menarik dengan biaya cukup Rp 20 ribu tanpa oven dan mixer pada umumnya. 

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Hal itu diunggah oleh warganet bernama Alya melalui akun Twitternya spocagg. Dalam unggahan itu Alya membagikan secara lengkap cara membuat kue tart dengan mudah dan murah.

Ini juga bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang tidak ingin ribet dan tidak butuh waktu lama untuk membuat kue tart.

Bahan pembuatan kue yang digunakan itu meliputi biskuit, butter crean, dan air. “Pertama-tama siapkan bahan. Bahan kue: Biskuit 24 keping (sesuai kebutuhan), Butter cream seperempat kilogram (beli di took kue), 320 ml air es/susu/kopi atau bahan cair lain secukupnya,” tulis Alya. 

Sedangkan untuk bahan hiasan yang disiapkan, cokelat ganache, dan choco ball. “Bahan hiasan: Coklat ganache (setengah coklat batang + margarine 1sdm + susu full cream), aku sebenarnya ngak nakar, cuman kira2 aja,” tambahnya. 

Kemudian tahapan selanjutnya dengan menyiapkan biskuitnya di tangan. Lalu oleskan butter cream di atas biscuit.

Selanjutnya celupkan biscuit ke bahan cair. “Di sini aku menggunakan susu. Fungsinya agar biskuitnya lembut. Cukup sekali celup aja, biar ngak mudah hancur,” imbuh Alya. 

“Lalu tumpuk biskuitnya, lalu diatasnya tambah butter cream. Aku buat tumpuk 3 pasang 4 jejer langsung di atas piring,” jelasnya.

Baca Juga : Cake Kampanye Diabetes, Bikin Auto Bye Bye Makanan Manis Nih

Setelah semuanya jadi, olesi semua permukaan dengan butter cream. Simpan kue dilemari pendingin agar biskuitnya lebih lembut. “Tapi kalau ngak ada kulkas buat anak kos kayaknya ngak apa2,” ujar Alya.

Selanjutnya satukan coklat batang, susu cair, dan margarine dalam wadah stenless steel. Kukus di atas air mendidih hingga mencair. Angkat dan dinginkan. 

Ia pun juga memberikan price list bahan-bahan yang dibeli agar warganet yakin jika memang kue buatannya itu hanya bermodalkan Rp 20 ribu.

“Aku buat pricelist nya. Biscuit Hatari (ak pake rasa kopi)= 3000, Butter cream (beli jadi di toko kue)= 8000, Cokelat setengah batang (harga satu batangnya 10k)= 5000, Susu UHT full cream= 4000, totalnya 20.000,” tutupnya.