Ilustrasi makanan manis kampanye diabetes (Source: twitter @ElgarLouee)
Ilustrasi makanan manis kampanye diabetes (Source: twitter @ElgarLouee)

MALANGTIMES - Berbicara penyakit diabetes, salah satunya berhubungan dengan pola konsumsi gula. Penyakit metabolik ini disebabkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

Penyakit ini cukup menjadi perhatian di dunia kesehatan, karena sangat berbahaya dan mematikan apabila tidak ditangani dengan serius. Bagi penderitanya, benar-benar dianjurkan dan harus memperhatikan asupan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Punya Rasa Manis, Pahit dan Legit, Ciri Khas Durian Kunir dan Bajol Desa Jombok

Sayangnya, kebiasaan masyarakat untuk mengkonsumsi gula memang cukup tinggi. Berbagai jenis makanan mengandung gula saat ini juga menggoda penikmatnya. 

Kesadaran akan hal ini dinilai masih kurang, tak jarang banyak penderita diabetes yang akhirnya harus menerima perawatan hingga salah satu bagian tubuhnya diamputasi bahkan meninggal dunia.

Nah, baru-baru ini ramai menjadi perbincangan di twitter yaitu Sweet Kills. Sebuah kampanye yang mengajak masyarakat untuk sadar akan bahaya mengkonsumsi gula.The Diabetes Association of Thailand, yang membuat kampanye ini dengan balutan ilustrasi yang cukup mengerikan.

Bagaimana tidak, ilustrasi yang diunggah oleh akun twitter @ElgarLouee, dengan menampilkan tampilan cheese cake tapi tidak terlihat menggoda, malah mengerikan. Karena kue-kue ini ditampilkan berada di bagian tubuh seperti tangan dan kaki.

"Ogilvy. Their creative director and team really deserve more awards. Anyway, gambar 1 itu coklat, 2 itu entah madu atau cheesecake, 3 itu strawberry cake. Kayaknya campaign diabetes awareness or something," cuitnya.

 

 

Baca Juga : Sajikan Dawet Asli Kromengan, Warung Mak Tum Bisa Jadi Alternatif Wisata Kuliner

Dilansir dari berbagai sumber, karya yang diunggah ini dibuat oleh Nattakong Jaengsem, seorang desainer asal Thailand yang berada di bawah arahan Ogilvy and Mather. 

Gambar ilustrasi ini menunjukkan sebuah cake rasa coklat, cheescake, dan starwberry. Yang membuat bentuknya terlihat mengerikan, karena terpasang di bagian tubuh. Seolah menggambarkan jika mengkonsumsi makanan manis berlebihan, tubuhmu akan digerogoti dan terlihat bolong atau rusak.

Hal inilah yang ingin ditunjukkan dalam gambar, bahwa kadar gula darah yang tinggi dari waktu ke waktu dapat menyebabkan kerusakan saraf. Pengonsumsi juga akan mulai berkurang dalam mengendalikan kemampuan tubuh dan mendeteksi infeksi serta memperlambat proses penyembuhan.

Tujuan dari gambar-gambar tersebut, yakni untuk memperingatkan orang-orang mengenai dampak jangka panjang dari konsumsi gula berlebihan terhadap kesehatan kita.

Bagaimana kalian melihatnya? Masih mau mengkonsumsi gula yang berlebihan?