Minuman Floridina. (Foto istimewa)
Minuman Floridina. (Foto istimewa)

MALANGTIMES - Belum lama ini, warganet Facebook ramai memperbincangkan minuman buah jeruk merek Floridina. Pengguna Facebook curhat lantaran botol minuman Floridina meledak saat dibuka.

Curhatan itu tak hanya datang dari satu orang saja. Melainkan beberapa pengguna Facebook. Mereka turut membagikan curhatan membuka minuman Floridina yang meledak yang diakui sebagai pengalaman pribadi. Salah satunya adalah Bahrii.

"Floridina meledak. Dibuka eh malah meledak. Udah keluar asep pula. Minuman apaan nih gila," katanya.

Selain Bahrii, adapula Reni yang menyatakan bahwa tangannya terluka karena ledakan dari botol minuman tersebut.

"Hati-hati ya. Ternyata Floridina bisa meledak. Tadi tanganku abis kebledosan. Untung gak parah. Mek aboh titik (Cuma bengkak dikit). Trus saiki wes kempes eneh (Terus sekarang sudah kempes lagi). Kronologisnya itu floridina udah pernah aku buka, trus aku masukin ke jok motor. Udah sekitar 3 hari. Nah ini tadi tak ambil trus tak buka. Eh langsung meledak," beber Reni.

Selain itu, ada pula Aula Puspitasari yang mengalami pengalaman yang sama.

"Botol Floridina meledak seketika saat saya membuka tutupnya. Untung ga kena mata. Alhamdulilah masih dilindungi Allah SWT," katanya diikuti dengan komentar yang juga bercerita pengalaman yang sama.

Malah, ada pula yang sampai dirawat di rumah sakit lantaran terluka terkena ledakan botol Floridina. Hal ini disampaikan oleh pemilik akun Soleha.

"Sekedar info. Hati-hati kalau buka botol minuman floridina, bisa meledak. Karena kawan aku Nona Kemalz mengalaminya. Sekarang lagi dirawat di rumah sakit karena kena matanya sampek pembuluh darah pecah tapi alhamdulillah masih bisa Iiat. Semoga tidak terjadi lagi," tulisnya.

Tak hanya kawan Soleha yang terluka di mata akibat ledakan dari botol Floridina. Pengguna Facebook lain Eka menyatakan bahwa seseorang malah sampai buta lantaran terkena ledakan dari minuman tersebut.

"Barusan kejadian. Gara-gara minum floridina orange meledak. Mata bapak ini jadi buta," ungkapnya.

Warganet lain mengaku suara ledakan botol Floridina kencang seperti bom.

"Min, sekitar 1 minggu lalu aku buka floridina yang aku beli, tapi gak habis, aku simpan di meja, dan lupa minum lagi. Eh barusan botolnya meledak kayak bom. Suaranya kencang banget. Itu kenapa bisa meledak gitu yah?" kata Chaerina Anggraeni di dinding akun Facebook resmi Floridina.

Tak hanya Chaerina, Ferii pun juga menanyakan hal ini ke akun Facebook Floridina. Ia juga menceritakan pengalamannya soal minuman Floridina yang meledak usai ia menyimpannya di kulkas.

"Apakah bener minuman Floridina mengandung gas? Waktu saya minum floridina dan gak saya habiskan, saya simpan di kulkas dan kulkas saya gak terlalu dingin, saya simpan beberapa hari. Pas waktu saya buka botol floridina itu pun meledak! Sudah 2 kali saya mengalami itu. Maaf gan saya cuman mau tau saja kenapa seperti itu?" tulisnya.

Tak hanya datang dari Facebook. Curhatan soal pengalaman warganet tentang minuman Floridina yang meledak juga datang dari Kaskus.

"Sekitar paling lama seminggu yang Ialu saya beli floridina orange, minuman jeruk sekelas miute maid pulpy orange. Saya minum gak habis. Mungkin sisa 1/4 botol. Saya letakkan di meja di dapur. Kurang lebih 1 meter dari kompor gas. Kondisi tertutup rapat. Di sana juga ada botol madu, kecap, dan minyak goreng. Tadi malam saya rencana mau buang floridinanya. Saya goyang ternyata masih ada sisa sedikit. Sekitar 1/4 botol. Memang saya gak ada rencana mau minum. Cuma mau buka tutupnya, ngecek. Ternyata pas dibuka tutupnya terlontar kencang. Suaranya seperti petasan cabe. Meledak. DUARRRR," paparnya.

Sontak, pihak Floridina pun mengklarifikasi hal ini. Pihaknya menyampaikan, minuman tersebut memang berpotensi meletus apabila tercampur dengan mikroba yang berasal dari mulut manusia, dibiarkan cukup lama di luar lemari es, dan terpapar panas.

"Floridina adalah minuman yang bersifat asam, sehingga ketika tercampur dengan mikroba yang berasal dari mulut manusia, dibiarkan cukup lama di luar Iemari es, dan terpapar panas akan terjadi pembentukan gas. Pembentukan gas ini akan meningkatkan tekanan di dalam botol yang berpotensi dapat meletus. Pada saat tekanan di dalam botol sudah sangat tinggi, maka dapat mendorong tutup botol dengan keras (seperti meletus)," terangnya.

Menurut pihak floridina, kejadian tersebut umum terjadi pada minuman jenis ini dan semakin mungkin terjadi karena Floridna tidak mengandung bahan pengawet yang dapat menghambat reaksi tersebut.

"Oleh karena itu, kami telah memberikan informasi yang tertera pada kemasan Floridina untuk segera menghabiskan dalam waktu 24 jam setelah dibuka atau menyimpan Floridina di dalam Iemari es," tandasnya.