Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Rumah Pintar Pemilu Hadir di Kota Batu Akhir Bulan Ini, Lokasinya di Jawa Timur Park 1

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Dec - 2019, 15:32

Salah satu fasilitas di Jawa Timur Park 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu fasilitas di Jawa Timur Park 1. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Rumah Pintar Pemilu (RPP) Nasional bakal segera hadir di akhir tahun 2019 ini. Rencananya, RPP tersebut akan berlokasi di Jawa Timur Park (JTP) 1, Jalan Kartika, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

“Sesuai dengan rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, RPP akan di-launching pada 29 Desember 2019 mendatang,” kata oleh Komisioner KPU Kota Batu, Divisi Sumber Daya Manusia Peranan Masyarakat Sosialisasi dan Pendidikan, Marlina.

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

RPP di JTP 1 itu akan memiliki tiga ruangan. Ruangan pertama berupa ruang visualisasi yang berisikan laptop, serta layar sentuh yang digunakan oleh pengunjung untuk mengisi kuesioner. 

Pengunjung diharapkan memiliki pemahaman tentang pemilu setelah keluar dari ruang pertama. “Selanjutnya pengunjung akan ke ruangan kedua, merupakan ruang simulasi,” imbuhnya, Minggu (1/12/2019).

Ia menambahkan, ruang itu akan diisi dengan tiruan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kursi-kursi dan bilik suara akan diatur persis berdasarkan urutan seperti pada TPS pada saat Pemilu berlangsung. Dan ruang terakhir, akan diisi dengan ruang diskusi dan edukasi.

“Di ruangan itu nantinya akan diisi trainer evaluasi, buletin, buku, jurnal-jurnal, dan sebagainya. Yang jelas akan ada berbagai infografis dan data seperti Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Calon Legislatif, Daftar Calon Terpilih dan informasi kepemiluan lainnya dari setiap proses atau tahapan pemilu yang telah dilalui,” ucap Marlina.

Menurutnya, pemilihan JTP 1 itu langsung dari KPU RI. Untuk mempersiapkannya, KPU mengajukan Rencana Anggaran Belanja (RAB) sesuai dengan kebutuhan pembangunan sebesar Rp 400 juta tahun anggaran 2019.

Baca Juga : Pembebasan Napi Korupsi, Yassona Laoly Singgung Nasib Abu Bakar Ba'asyir dan Siti Fadilah

Penunjukan langsung oleh KPU RI, karena Kota Batu dinilai banyak dikunjungi wisatawan. “KPU RI ini menunjuk Kota Batu untuk berdirinya RPP ini karena banyaknya wisatawan yang datang untuk berwisata di sini,” tutupnya. 

RPP itu bisa diakses gratis oleh masyarakat. Pengunjung yang berminat, tinggal datang. Tiket masuknya, include atau sudah menjadi satu paket Jawa Timur Park 1.

 


Topik

Politik batu berita-batu Rumah-Pintar-Pemilu-Nasional Jawa-Timur-Park-1 KPU-Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri