Dedik Setiawan (bawa bola) saat menyumbang satu gol untuk timnya ketika lawan PSM Makassar (official Arema FC)
Dedik Setiawan (bawa bola) saat menyumbang satu gol untuk timnya ketika lawan PSM Makassar (official Arema FC)

MALANGTIMES - Striker muda milik Arema FC, Dedik Setiawan harus mengubur impiannya untuk menambah pundi-pundi golnya di Liga 1 2019 karena cedera anterior cruciate ligament (ACL) akan naik ke meja operasi.

Arema FC harus kehilangan satu strikernya yang sudah menyumbang 7 gol selama 11 penampilannya pada kompetisi Liga 1 2019 ini. Dia adalah Dedik Setiawan yang menderita cedera saat Arema melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan (27/7/2019). Dedik mengalami cedera ligamen karena salah tumpuan setelah duel.

Baca Juga : Kontroversi, Prestasi, hingga Mundurnya Ratu Tisha dari Sekjen PSSI

Cedera yang dialami Dedik sendiri adalah pada bagian ligamen lutut anterior atau cedera ACL (anterior cruciate ligament) di mana dalam bahasa kedokteran adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya kerusakan atau robekan pada ligamen lutut anterior. Ligamen lutut anterior merupakan salah satu ligamen lutut yang berfungsi untuk menghubungkan tulang tungkai bawah dengan tulang tungkai atas.

Dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi mengatakan bahwa Dedik Setiawan sudah bertekad untuk menjalani operasi agar cederanya segera sembuh. Karena sekitar tiga bulan lebih Dedik sudah berusaha untuk menyembuhkan cederanya, dan ternyata tidak kunjung sembuh. "Dedik sudah bersedia operasi, tinggal menunggu jadwalnya," kata dr. Nanang Tri Wahyudi.

Sebenarnya, Dedik Setiawan bisa menjalani musim 2019 ini dengan sangat bagus karena ia menjadi penyumbang gol terbanyak kedua setelah Makan Konate yang menorehkan 13 gol hingga saat ini. Tapi sebelum cedera, pencapaian gol Dedik Setiawan terus kejar-kejaran dengan Makan Konate, namun saat ini mantan pemain Metro FC itu harus rela mengakhiri kompetisi lebih cepat karena fokus pemulihan cedera.

Sementara itu, dalam catatan statistik menyebut Dedik bisa dibilang striker yang cukup agresif di depan gawang lawan, karena dalam 11 penampilannya bersama Arema FC di musim 2019 ini ia menciptakan 24 shooting dimana 16 diantaranya terarah ke gawang lawan. Selain itu ia juga menorehkan dia assist kepada rekannya untuk menciptakan gol.

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Terakhir, Dedik Setiawan membela Arema FC saat menghadapi PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging, Makassar pada 16 Oktober 2019 lalu. Dan ia berhasil menciptakan satu gol untuk membantu timnya. Namun saya pada pertandingan itu juga ia harus menyerah di tengah laga karena ia merasakan cederanya kambuh lagi.