Wakil Wali Kota Malang Minta Gojek Perhatikan Jaminan Kesehatan dan Shelter Mitra Driver

Aug 13, 2019 15:40
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat berdialog dengan salah satu mitra driver Gojek. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat berdialog dengan salah satu mitra driver Gojek. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko meminta manajemen Gojek untuk memberikan perhatian lebih pada mitra atau driver. 

Terutama, dalam hal pemberian jaminan kesehatan dan juga keberadaan shelter. 

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

Hal tersebut, diharapkan bisa memacu kinerja driver yang secara tidak langsung akan berimbas pada pergerakan ekonomi di Kota Malang. 

Sofyan Edi menilai, keberadaan layanan transportasi berbasis aplikasi seperti Gojek turut mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) khususnya di sektor kuliner.

"Ada multiplier effect (efek pengganda nilai) sangat dahsyat," ujarnya, hari ini (13/8/2019) saat launching logo dan atribut baru Gojek di Kota Malang. 

Dia mencontohkan, permintaan kuliner ayam geprek yang masif melalui aplikasi pemesanan online berimbas pada naiknya penjualan daging ayam. 

"Pasokan daging ayam saat ini sekitar 20 ton per hari di Pasar Gadang karena tingginya permintaan anak-anak kos dan mahasiswa yang pesan lewat ojek online," sebutnya. 

Politisi Golkar tersebut juga menekankan agar Gojek lebih memperhatikan fasilitas penunjang bagi mitra driver. 

Salah satunya yakni shelter bagi ojek online agar tidak "keleleran" alias bergerombol di jalan-jalan. 

"Ide bagus kalau memang shelter menjadi kebutuhan, maka segera saja diwujudkan dan dikoordinasikan dengan pemerintah," terangnya.

"Tidak kalah penting juga soal jaminan kesehatan bagi mitra, mereka mobilitasnya tinggi kan perlu dijaga, membutuhkan fisik yang bagus sehingga kesehatannya harus terjamin," tegas Sofyan Edi. 

Pria berkaca mata itu bersyukur keberadaan Gojek semakin diterima oleh masyarakat.

Regional Manajer Jatimbalinus Gojek, Boy Arno Muhamad mengungkapkan, saat ini jumlah mitra driver aktif di wilayah Malang Raya mencapai sekitar 10 ribu orang. 

Untuk UMKM yang tergabung pun juga mencapai angka belasan ribu. 

"Untuk perputaran ekonominya saat ini masih kami teliti, tidak hanya kota-kota masih diratifikasi karena dinamis sekali. Secara nasional, pada 2028 lalu mencapai Rp 44,8 triliun," sebutnya.

Untuk pembuatan shelter, Boy belum menyebut waktu realisasi. 

Baca Juga : PSBB Jakarta Berlaku Hari Ini, Layanan GoRide dan GrabBike Menghilang dari Apilkasi

"Kami tentunya menanggapi baik bila itu menjadi konsern pemerintah. Kami melakukan diskusi dengan pemerintah nanti yang terbaik seperti apa, kami mendukung apa saja yang bisa disinergikan," ujarnya. 

Terkait jaminan kesehatan, Boy menyebut bahwa pihak Gojek memberi keleluasaan pada mitra untuk memilih. 

"Begitu mereka mendaftar, kami beri opsi layanan asuransi. Banyak ragamnya dan itu sudah ada dalam perjanjian rekrutmen. Mereka juga bisa cicil secara harian," sebutnya. 

District Head Malang Gojek Viona Ong menambahkan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. 

"Jadi BPJS-TK stand by di kantor Gojek, sehingga mitra baru langsung kami arahkan ke BPJS. Juga di event-event rutin ada sosialisasi soal jaminan kesehatan," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Gojek juga memberikan secara simbolis atribut driver dengan logo baru. 

Head of Regional Corporate Affairs Jatimbalinus Gojek, Alfianto Domy Aji mengungkapkan bahwa salah satu inspirasi terbesar dari keberadaan logo baru Gojek adalah mitra-mitra driver yang sejak awal menjadi penggerak bagi perkembangan ekonomi digital di Indonesia. 

"Logo baru yang diberi nama Solv ini melambangkan semangat kebaruan, Gojek membawa pesan positif tersebut dengan melaksanakan kirab secara nasional dari Sabang dan Merauke dalam kegiatan bertajuk Merajut Nusantara," sebutnya.

 

Topik
MalangBerita MalangWakil Wali Kota MalangSofyan Edi JarwokoManajemen GojekJaminan Kesehatan dan Shelter Mitra Driver

Berita Lainnya

Berita

Terbaru