Di Desa Jatiguwi, Sumberpucung, Pilkades serentak gelombang III diikuti Jokowi (Ist)
Di Desa Jatiguwi, Sumberpucung, Pilkades serentak gelombang III diikuti Jokowi (Ist)

MALANGTIMES - Selalu ada yang unik dalam perhelatan pilihan kepala desa (Pilkades), khususnya di Kabupaten Malang. 

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Setelah Pilkades serentak tahun 2018 lalu, memunculkan nama calon yang sama di satu desa, yakni duo Djumain sebagai Cakades di Desa Karangpandan, Pakisaji, serta menjadi viral, kini dalam Pilkades gelombang III, kembali ada yang unik. Bagaimana tidak, kalau Jokowi pun ikut serta dalam kontestasi demokrasi di akar rumput yang akan digelar tanggal 30 Juni 2019 mendatang.

Nama Jokowi masuk dalam bursa calon kepala Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung bersanding dengan nama Cakades lainnya. Sontak saja, siapapun yang melihat banner Cakades Jatiguwi, Sumberpucung ini pasti akan tertarik melihatnya. Sebelum akhirnya tersenyum atau tertawa.

Pasalnya, sang Jokowi Jatiguwi ini, tentunya bukanlah sang petahana dalam pilpres 2019 dan menang dalam sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), Kamis (27/06/2019) malam kemarin.
Jokowi Jatiguwi ini adalah warga setempat yang memiliki nama asli Joko Wilono. Mantan ajudan Sujud Pribadi saat menjabat Bupati Malang serta juga eks anggota BPD Jatiguwi selama dua periode.

Jokowi pernah menyampaikan, majunya dirinya dalam kontestasi Pilkades dikarenakan dorongan masyarakat Jatiguwi.

"Ini atas dorongan masyarakat. Karena amanat, saya akhirnya maju dalam Pilkades tahun ini," ucap tokoh masyarakat yang sempat menjabat sebagai Ketua RW selama 11 tahun ini.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

Dari data panitia Pilkades Jatiguwi, Sumberpucung, tercatat ada empat Cakades yang bakal berebut kursi. Selain Jokowi dengan nomor urut 02, ada Bambang Supangat (01), sang petahana Enggar Wahyuningtyas (03) dan Mujiono dengan nomor urut 04.

"Untuk Cakades di Jatiguwi ada empat orang. Sedangkan untuk daftar pemilih tetap (DPT) 7.437 orang. Untuk persiapan Pilkades sudah aman," ujar Ketua Panitia Pilkades Sunari.

Terkait imbauan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, agar panitia bersikap netral. Sunari pun menegaskan, pihaknya tentu akan bersikap netral terkait amanah sebagai panitia.
"Itu sudah bagian dari amanah kepada kami. Kita bersama-sama menjaga agar Pilkades di desa kami berjalan sesuai aturan yang ada," pungkas Sunari.