Soal Adisomad, Andre Taulany Sebut Tidak Hina Dua Ustad, Hanya Pelesetan dari Adidas

May 02, 2019 09:51
Pelawak kondang Indonesia Andre Taulany. (potongan video)
Pelawak kondang Indonesia Andre Taulany. (potongan video)

MALANGTIMES - Komedian Andre Taulany menanggapi respons pedas dari netizen karena dianggap menghina Ustad Adi Hidayat dan Ustad Abdul Somad dengan melesetkan nama kedua ulama tersebut di salah satu acara talkshow televisi. Andre menampik ucapan "Adisomad" itu bentuk hinaan dan memberikan klarifikasi.

Tuduhan menghina ustad itu muncul ketika pasangan Andre di acara talkshow,  yakni Sule, memberikan pertanyaan kepada Jovial da Lopez yang hadir sebagai bintang tamu tentang sepatu yang sering digunakan saat keluar rumah.

Baca Juga : Kilas Balik Jejak Covid-19 di Kota Malang Hingga Pengajuan Status PSBB

"Punya lainnya, tapi paling suka merek yang ini (sepatu yang sedang dipakai)," kata Jovial. "Jadi, ke mana-mana yang dipakai yang ini?" tanya Sule lagi. "Kalau acara yang pasti kelihatan orang, ya pakainya yang ini," sahut Jovial.

"Kenapa? Apa kamu di-endorse sama (brand) sepatu ini?" tanya Sule lagi. "Sama sekali nggak. Jadi, biar makin melekat saja image bahwa gue memang suka brand ini," imbuh Jovial.

Setelah ada jawaban Jovial da Lopez tersebut, lantas Andre menyahut dengan mengeluarkan sebuah guyonan menyangkut merek sepatu. "Karena memang Lek (panggilan Andre kepada Sule), merek AdiSomad itu sepatu (menyebut brand sepatu)," celetuk Andre.

Itulah yang membuat media sosial ramai  dengan tagar "#AndreTaulanyMakinSongong". Juga bertebaran, beberapa komentar pedas di kolom komentar YouTube.

Andre pun melakukan klarifikasi bahwa hal tersebut tidak seperti yang dipikirkan banyak orang. "Kalau memang ada yang menghubung-hubungkan dengan nama ustad, saya tidak tahu-menahu. Karena demi Allah saya sama sekali tidak berniat untuk itu. Nama Adisomad kan nama universal. Saya rasa di Indonesia banyak sekali nama seperti itu. Ketua RW saya juga namanya Pak Adisomad," kata Andre.

Baca Juga : Sudjiwo Tedjo Respon Surat Telegram Kapolri Mengenai Aturan Penghinaan Presiden dan Pejabat Terkait Covid-19

Menurut Andre, konteks Adisomad adalah pelesetan dari brand sepatu terkemuka di dunia, yakni Adidas. Ia terpaksa memelesetkan karena tidak boleh menyebutkan merek sepatu tersebut di acara televisi itu.

"Ya, itu kan pelesetan dari kata Adidas. Karena saya nggak boleh menyebut merek di dalam program tersebut. Terus kenapa saya dituduh menghina ustad? Saya nggak ada menyebut kata ustad siapa pun," ucap mantan vokalis Stinky ini.

"Dan itu konteksnya dalam komedi juga, tidak membicarakan tentang agama, politik, ustad dan lainnya. Kami lagi ngobrolin soal hobi koleksi sepatu. Jadi, saya rasa nggak ada unsur penghinaan terhadap siapa pun," tandas Andre.

Topik
MalangBerita MalangPelawak IndonesiaAndre TaulanyUstad Adi HidayatUstad Abdul Somadacara talkshow televisi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru