Foto Istimewa

Foto Istimewa



MALANGTIMES - Teknologi robot saat ini terus berkembang pesat. Perannya tak bisa lagi dipisahkan dari aktivitas manusia. Hal tersebut karena para ahli robot terus berinovasi mengembangkan robot dengan berbagai tujuan, seperti penelitian, pemantauan, perbantuan, perbaikan, jadi sistem pembantu. termasuk pula sebagai mainan yang menakjubkan.

Nah guys, kali ini MalangTIMES akan menyajikan 10 Robot mutakkir yang terinspirasi dari hewan. Apa saja?

1. Scorpion Hexapod Robot
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja10ebd54144dea6b4c.jpg

Robot kalajengking berkaki enam yang dibuat oleh tiga mahasiswa University Gent Belgia ini boleh dikata sebagai salah satu robot paling agresif yang pernah dibuat. Sebab, robot ini memiliki keunggulan mekatronik yang menghasilkan respons yang intuitif dan kompleks terhadap rangsangan sekitar.

Robot yang dibuat dengan printer tiga dimensi ini memiliki enam kaki yang dapat bergerak ke segala arah secara luwes atau ringan.

Nah, yang patut kamu waspadai adalah saat berada di dekat robot ini. Soalnya, ia bisa saja menyerang kamu dengan ekornya dan meninggalkan memar.

2. Miro
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja22ed11a910135753a.jpg

Mau punya peliharaan ikan yang dapat kamu kontrol semau kamu? Beli aja Miro. Ia adalah robot ikan yang dikembangkan oleh Air, sebuah perusahaan yang berbasis di Korea Selatan.

Robot yang dilengkapi dengan kamera ini bergerak dan bereaksi sangat realistis seperti ikan pada umumnya. Termasuk dengan luwes saat menghindari benda yang merintanginya atau benda yang ada di hadapannya.

Kabar baiknya lagi, Anda bisa mengontrol Miro di dalam air dengan smartphone. Dijamin bakal puas mainnya karena baterai yang menyokongnya dapat bertahan hingga 10 jam.

3. Robugtix T8x Robot Spider
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja3177d4c6bef213b31.jpg

Tobugtix adalah perusahaan yang memproduksi robot ini. Mereka mengklaim robot laba-laba yang terlihat sangat real karena dibuat berdasarkan bentuk asli laba-laba dengan pertimbangan keindahan dan perilakunya yang sinergis.

Nah, bicara soal kecanggihan, laba-laba mekanik ini memiliki 26 serpomotor yang mengontrol gerakan laba-laba secara alami, dengan berbagai varian manufer yang realistis. Bahkan, kamu bisa mengontrol robot ini melalui smartphone, komputer atau tablet. 

Nah, dengan sebuah perintah yang tersistematis dan juga perhitungan matematika komplek, robot ini dapat melakukan sejumlah gerakan menakjubkan yang teratur dan alami tentunya.

4. Robobees
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja7a35c776d1b71399.jpg

Terinspirasi dari tawon, mikrobot ini bisa dibilang sebagai robot terkecil di dunia yang beratnya hanya sekitar 100 miligram. Besarnya kira-kira setengah dari ukuran klip kertas. Imut banget ya.

Robobees ini memiliki kemampuan terbang dengan sayap yang mengepang 120 kilometer per detik. Kebayang ya cepatnya.

Selain itu, Robobees  dirancang dapat berenang dan bertahan di atas permukaan air.

Kalau tawon asli dapat menyengat kamu, tujuan Robobees ini diciptakan bukan untuk menyengat. Wiss Institute yang menciptakan robot ini mengatakan Robobees dirancang untuk penyerbukan tanaman, misi pencarian, penyelamatan, pengawasan serta pemantauan cuaca dan iklim.

5. Flying Bionic Bird
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja4e25b7c1de3851506.jpg

Kalau tadi ada Miro si robot ikan dari Korea, kali ini sebuah perusahaan start up asal Perancis melakukan desain sebuah mainan robot remot kontrol Bionic Bird yang dapat terbang layaknya burung.

Bionic Bird ini memiliki berat yang sangat ringan, hanya sekitar sembilan gram. Desainnya juga dibuat serupa burung sungguhan dan diklaim tidak menakuti burung asli lainnya saat berkoloni.

Jadi, jangan khawatir kalau Bionic Birdmu bakal melakukan serangan binatang pemangsa seperti elang atau kucing. Sebab, Bionic Bird ini tercipta dari kombinasi busa superkuat dan struktur serat karbon pada ekor serta sayapnya. Tapi kalau diserang, tidak bakalan rusak. Hewan yang menyerang juga tidak bakalan terluka.

Jangkauan terbang dengan radius 100 meter, kita bisa menerbangkannya dengan menggunakan smartphone selama 10 menit di udara. Kalau baterainya melemah, kita bisa mengisi daya dengan telur charge selama 12 menit.

6. Pleurobot
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja550443f977e84d92d.jpg

Dilihat dari bentuknya, apakah kamu tahu Pleurobot terinspirasi hewan apa? Ya, para ahli robot di Politeknik Federal Acol Swiss terinspirasi dari hewan salameder saat mengembangkannya.

Diciptakan dengan teknologi printer tiga dimensi, Pleurobot dibuat dengan mencermati tubuh, sumsum tulang belakang dan medan lingkungan yang dihadapi oleh salameder di dunia nyata.

Kunci pergerakan salameder ini terdapat pada 27 motor pengerak dan 11 segmen tulang belakang yang ditanamkan pada tulang robot ini. Fasilitas motor dan segmen tulang tadi membuat Pleurobot dapat berjalan dan merayap dengan lincah di darat serta berenang di air dengan luwesnya.

7. Airacuda
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja68eb2fe9a65dd96e4.jpg

Robot berikut ini memiliki cakupan teknologi gabungan unsur kinematika atau perhitungan fisika dan matematis, serta unsur neumatik atau unsur tekanan udara yang seimbang. Untuk itu, Airacuda dilengkapi dengan empat otot pluit mekanis pada sirip dan ekornya.

Dua pluit otot pertama berfungsi untuk mengarahkan ikan. Sementara dua otot pluit lainnya berperan menggerakkan sirip dengan pola bentuk es.

Nah Airacuda juga memiliki tangki yang dapat berisi air saat terisi. Airacuda bergerak di dalam air.

Sementara, ketika kosong, tekanan udara akan membawa Airacuda ke permukaan. Sederhananya sama dengan sistem yang digunakan oleh kapal selam.

8. Aqua Jelly
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja716e1be4bf67cf7c7.jpg

Dirancang seperti ubur-ubur sungguhan,  robot ini dapat disebut sebagai perintis hewan bionik yang dirancang untuk dapat berkomunikasi dengan robot ubur-ubur lainnya.

Robot dengan berat 780 gram ini kedap air oleh lapisan akrilik ditubuhnya. Yang perlu kamu tahu, robot ini  bergerak naik turun secara halus dan berkomunikasi dengan ubur-ubur lainnya.

Robot ubur-ubur ini dikendalikan melalui kontrol panel tembus pandang yang ada pada tempurungnya. Nah,  panel kontrol tersebut memungkinkan sang ubur-ubur mengontrol komunikasi dengan ubur-ubur bionik lainnya melalui tekanan 8 sinar infrared warna biru dan putih.

9. Eelume
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja8---Copy8eb88aaf9fa3257e.jpg

Departemen Sastra dan Teknologi Universitas Norwegia mengembangkan Eelume sebagai robot pekerja dengan tugas pokok  mengawasi, merawat dan memperbaiki berbagai elemen pada instalasi bawah laut.

Nah secara teknis, Eelume ini merupakan kombinasi modular dari sendi pendorong bagai modul muatan. Tubuh Eelume yang ramping panjang dan lentur memungkinkan Eelume melakukan presisi melayang dan manuver bahkan dalam arus laut yang kuat.

Keadaan ini secara otonom dapat bekerja hingga kedalaman 500 meter dan bertahan 7 hari dalam sepekan di bawah laut untuk terus mengontrol berbagai macam instalasi laut.

Kamu juga perlu tahu ini, Eelume pada pengoperasiannya dilengkapi dengan kamera dan alat pengontrol jarak jauh.

10. Robocrab
 

10-Robot-Mutakhir-yang-Terinspirasi-dari-Hewan-Apa-Saja9---Copyd702f277567384cd.jpg

Robocrab yaitu robot yang terinspirasi dari kepiting tapal kuda. Robot ini ditemukan oleh Cramel yang masih berstatus mahasiswa. Robot ini juga mengantarkan Cramel meraih penghargaan Enginering Program Standing Research Award.

Robocrab dirancang sebagai robot amfibi kedap air yang dapat berjalan di atas medan pasir, bebatuan, di darat dan di air. Nah ketika tubuhnya terbalik, dengan sigap ia dapat berbalik ke posisi normal.

Cramel mengatakan Robocrab ini dapat menjadi alat navigasi untuk mendeteksi dan melaporkan kondisi dan tekstur pasir, tekanan air, juga kondisi tanah di dasar laut sebelum diberdayakan untuk berbagai kebutuhan.

End of content

No more pages to load