Suasana saat para ASN Pemkot Malang melakukan tabur bunga di TPU Kasin (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Suasana saat para ASN Pemkot Malang melakukan tabur bunga di TPU Kasin (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Malang dengan mengenakan baju putih, mengunjungi tiga tempat pemakaman umum (TPU) (28/11/2018). Mereka melakukan tabur bunga ke tempat peristirahatan terakhir mantan wali kota- wali kota yang pernah memimpin Kota Malang pada masa lalu.

Tiga makam mantan wali kota yang dikunjungi tersebut yakni makam Kolonel Soegiyono, mantan Wali Kota Malang periode tahun 1973 sampai 1983 yang dimakamkan di Tempat Pemakaman Pahlawan (TMP) Malang. Kemudian makam dari Dr H Tom Uripan N SH mantan Wali Kota Malang periode tahun 1983 sampai 1988 yang dimakamkan di TPU Kasin. Kemudian
HM Soesamto, mantan Wali Kota Malang periode  1988 sampai 1998 yang dimakamkan di TPU Samaan.

Baca Juga : Viral Surat Stafsus Jokowi untuk Camat, Dicoreti Bak Skripsi hingga Berujung Minta Maaf

Kepala Dinas Perumahan dan  Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang, Diah Kusumadewi melalui Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPU, Takroni Akbar mengungkapkan, dalam ziarah tabur bunga hari ini, dilaksanakan secara serentak.

Selain memperingati Persatuan Guru dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-73 yang jatuh pada tanggal 25 November sekaligus HUT Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-47 yang diperingati setiap tanggal 29 November 2018, tabur bunga ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi para ASN untuk lebih bersemangat dalam mengabdi

"Mempertebal rasa nasionalisme, menggugah dan mengingat kembali jasa-jasa para pemimpin terdahulu yang memang sudah banyak sumbangsihnya bagi Kota Malang.  Dan bagaimanapun juga mereka adalah pelaku sejarah, tetap kita hormati dan kita kenang selalu," terangnya usai tabur bunga.

Lanjutnya, selain melakukan tabur bunga, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk lebih mengenalkan kawasa TPU Kota Malang kepada para ASN. Dimana sejatinya TPU-TPU yang ada di Kota Malang, mempunyai banyak nilai sejarah atau historis.

"Untuk di makam lain, di TMP dipimpin oleh Bapak Wawali, kemudian untuk yang di Samaan, dipimpin oleh bapak Sekda, dan di TPU Kasin dipimpin oleh bapak Asisten 1, Abdul Malik," ungkapnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kota Malang, Abdul Malik mengungkapkan, apel kali ini memang istimewa. Sebab jika biasanya apel dilakukan di lapangan atau halaman, namun kali ini dilakukan di makam.

Baca Juga : Viral Video Warga Beri Semangat kepada Pasien Positif Covid-19

"Sengaja kita pilih tempat pemakaman untuk ziarah dan tabur bunga di makam para pemimpin pendahulu kita. Salah satunya adalah makam mantan Wali Kota Malang periode1983-1988 Bapak Dr. H Tom Uripan N, SH.

Makam beliau adalah makam paling sederhana untuk kategori wali kota. Menurut catatan kami, makam wali kota ada di tiga tempat pemakaman yang kami sebut tadi. Apabila ada info WaliKota Malang yang disemayamkan di TPU lain mohon hubungi kami," tambah Abdul Malik.

Usai tabur bunga, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan ke Yayasan Insan Indonesia Bersatu (YASIBU). Bantuan tersebut merupakan hasil pengumpulan dari para karyawan UPT TPU yang disishkan secara sukarela setiap bulannya.