Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Perokok Kerap Sulit Tidur? Bisa Jadi karena Lakukan Hal Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

24 - Apr - 2024, 08:40

Merokok. (Foto: Pinterest)
Merokok. (Foto: Pinterest)

JATIMTIMES - Sebagian perokok, kerap mendapatkan masalah tidur. Bisa jadi, penyebabnya adalah karena sebelum tidur kalian menghisap rokok. Sebab, merokok bisa membuat kalian mengalami masalah tidur.

Dokter umum yang juga aktif sebagai content creator yakni dr. Dion Haryadi mengupas tentang hal tersebut di sosial medianya. “Hati-hati buat kalian yang suka merokok sebelum tidur, merokok itu bisa membuat jadi sulit tidur,” ungkap dokter Dion.

Baca Juga : Sosok Chandrika Chika, Selebgram yang Tertangkap Saat Pesta Narkoba 

Pada penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok lebih berisiko mengalami insomnia atau gangguan tidur. Lalu tidur dengan durasi yang lebih pendek.

“Kenapa bisa begitu karena nikotin yang terkandung dalam rokok itu termasuk sebagai stimulan sama seperti kafein pada kopi yang juga tidak disarankan dikonsumsi terlalu dekat dengan jam tidur ini,” tambah dokter Dion:

Kandung nikotin pada rokok bisa membuatmu lebih waspada dan sulit untuk rileks, sehingga kalian jadi susah untuk tidur. Selain itu juga ditakutkan tidurmu jadi kurang berkualitas.

Dokter Dion juga memberikan tips cara untuk ngatasi hal tersebut tanpa berhenti merokok. “Ya sebenarnya dengan berhenti merokok, tapi kalau kamu belum mau atau belum bisa kamu bisa menghindari merokok di malam hari,” terang dokter Dion.

Baca Juga : Inilah Nasib Sial Pemain-Pemain Keturunan yang Tolak Naturalisasi

Selain rokok, hindari minum yang mengandung kafein dan alkohol yang juga bisa mempengaruhi tidurmu. Mulailah olahraga rutin, karena bisa membantu kalian tidur dengan lebih mudah.

Kemudian bangun kebiasaan tidur yang baik serta punya jadwal yang tetap dengan kamar yang nyaman. Lakukan beberapa tips di atas agar punya kualitas tidur yang baik.


Topik

Kesehatan merokok sulit tidur dr Dion Haryadi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri