Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Ingin Kurus Tapi Masih Menyepelekan 5 Kebiasaan Kecil ini? Mimpi! 

Penulis : Mutmainah J - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - May - 2024, 07:18

Ilustrasi badan susah kurus dan ramping. (Foto dari internet)
Ilustrasi badan susah kurus dan ramping. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Selain diet dan berolahraga ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat badan menjadi kurus. 

Namun, beberapa kebiasaan ini justru seringkali diabaikan karena dianggap tidak penting dan kurang manfaatnya bagi tubuh. 

Baca Juga : Ajarkan Cinta Lingkungan pada Siswa, SMP Negeri 1 Boyolangu Gelar Pameran Seni dan Petik Karya

Padahal, jika dilakukan secara rutin setiap hari kebiasaan ini bisa membuat berat badan cepat turun. 

Ingatlah, memiliki berat badan ideal atau bahkan kurus bukan hanya soal mengurangi makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Tapi juga beberapa kebiasaan sangat berpengaruh dalam menurunkan berat badan.

Lantas apa saja kebiasaan kecil yang sering disepelekan namun ternyata memiliki khasiat bikin kurus? 

Tidak Minum banyak air putih

Udara putih

Awali hari dengan minum satu hingga dua gelas air putih. Jadilah kegiatan ini sebagai kebiasaan rutin. Sebab minum air putih di pagi hari ternyata bisa membantu metabolisme tubuh lebih lancar bahkan mengurangi nafsu makan.

Tidak Sarapan tinggi protein

Makanan tinggi protein

Ingin memiliki badan kurus tapi tidak pernah sarapan? Cara ini tentu sangatlah salah.

Kenyataannya, sarapan adalah salah satu kebiasaan yang tidak boleh dilewatkan. Melansir Healthline, sarapan tinggi protein harus jadi kebiasaan agar berat badan cepat turun.

Mengonsumsi sarapan berprotein tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan. Karena itu sarapan tinggi protein bisa membantu menurunkan berat badan.

Tidak Fokus saat makan

Tidak fokus saat makan

Makan sambil nonton televisi, makan sambil main handphone, makan sambil bekerja adalah kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar sangat sering dilakukan. Tapi ternyata kebiasaan ini buruk untuk berat badan Anda.

Melansir Self, makan tapi perhatian terganggu bisa membuat Anda makan lebih banyak. Oleh karena itu, cobalah fokus saat makan, hal ini bisa membuat Anda tahu batasan porsi yang harus dihabiskan dan membuat pikiran lebih mudah kenyang.

Tidak Tidur cukup setiap malam

Tidur di malam hari

Istirahat, dalam hal ini tidur cukup bisa membantu menurunkan berat badan. Tidur cukup juga bisa membuat hormon di tubuh lebih seimbang, bahkan hormon nafsu makan pun tidak akan lebih cepat aktif yang tentunya membuat rasa lapar Anda lebih normal.

Tidur cukup memang jadi salah satu kebiasaan yang bikin kurus. Setidaknya, orang dewasa perlu tidur antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Tidak Membuat Bekal Makan Siang Sendiri

Membuat bekal sendiri

Membuat makan siang sendiri ketika hendak pergi ke kantor atau kegiatan lainnya ternyata jadi kebiasaan bagus yang bisa membantu berat badan turun.

Pasalnya, membuat bekal makan siang sendiri sama saja dengan makan makanan rumahan yang tentunya diproses lebih sehat dengan nutrisi dan gizi yang seimbang.


Topik

Kesehatan Diet diet sehat tips sehat


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Sri Kurnia Mahiruni