Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

ASN Pemkot Batu Jalani Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

04 - Mar - 2024, 13:40

Salah satu ASN saat diperiksa kesehatammya oleh  tim tenaga kesehatan di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)
Salah satu ASN saat diperiksa kesehatammya oleh tim tenaga kesehatan di Balai Kota Among Tani. (Foto: Irsya Richa/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemeriksaan mencegah penyakit tidak menular (PTM) tengah dilakukan tenaga kesehatan Dinas Kesehatan. Kini yang disasar adalah aparatur sipil negara (ASN), Senin (4/3/2024).

Pemeriksaan dilakukan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkot Batu hingga 8 Maret mendatang. Tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan beberapa tahapan, mulai dari pemeriksaan wawancara faktor risiko, pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan.

Baca Juga : Bawaslu Banyuwangi Usut 8 Kasus Dugaan Tindak Kecurangan Pemilu 2024

Ada juga pengukuran lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, hingga pemeriksaan laboratorium sederhana di antaranya, gula darah, kolesterol dan asam urat darah, serta konsultasi dokter.

“Pada awal perjalanan, PTM sering tidak bergejala dan tidak menunjukkan tanda klinis secara khusus sehingga datang sudah terlambat atau pada stadium lanjut akibat tidak mengetahui dan menyadari kondisi kelainan yang terjadi dalam diri,” ungkap  Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana Dinas Kesehatan Kota Batu dr Susana Indahwati.

Selanjutnya bagi yang sudah menyandang PTM, akan dilajukan pengendalian. Pengendalian ini bertujuan untuk mencegah komplikasi, kecacatan dan kematian dini serta meningkatkan kualitas hidup.

Deteksi dini faktor risiko PTM ini dilakukan kepada ASN karena ASN sebagai abdi negara dan abdi masyarakat memiliki tugas utama adalah melayani masyarakat secara prima. Pemeriksaan deteksi dini faktor risiko PTM untuk ASN di Kota Batu rencananya akan dilakukan minimal 2 kali setahun. 

Menurut Susan, di Indonesia PTM yang terbanyak di usia 30-70 tahun adalah penyakit pembuluh darah otak (20,7 persen), penyakit jantung iskemik (14,7 persen), diabetes (9,6 persen), hipertensi (5,4 persen), penyakit paru obstruksi kronis (4,2 persen) dan tumor ganas pada payudara (1,7 persen),” ujar Susan.

Baca Juga : 6 Tips Nyaman Berpuasa bagi Penderita Maag  

"Penyakit tidak menular menimbulkan angka kematian yang tinggi tiap tahunnya dan dapat menjangkit individu di berbagai usia maupun negara di seluruh dunia," tutup Susan.

Diketahui penyakit tidak menular yakni penyakit jantung, kanker, diabetes, penyakit paru kronik, stroke. Cara Mencegah penyakit ini selain mengecek kesehatan teratur, juga harus membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan. Juga rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari. Tidak merokok atau terpapar asap dan rksidu rokok serta menjaga berat badan ideal dan cegah obesitas.


Topik

Kesehatan Penyakit tidak menular ASN Pemkot Batu Kota Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy