Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Malaikat yang Pertama Kali Bersujud kepada Nabi Adam, Siapakah?

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

02 - Nov - 2023, 13:48

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Para malaikat telah diperintahkan Allah SWT untuk bersujud kepada Nabi Adam. Perintah Allah SWT kepada malaikat ini termaktub dalam Al-Qur'an surah Al Baqarah ayat 34. 

Allah SWT berfirman, "(Ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam!" Maka, mereka pun sujud, kecuali Iblis. Ia menolaknya dan menyombongkan diri, dan ia termasuk golongan kafir."

Lantas, siapa malaikat pertama yang bersujud kepada Nabi Adam?

Baca Juga : Taman Nasional Baluran, Keajaiban Alam yang Membuat Jawa Timur Berkilau

Diolah dari detikhikmah, muslimorid dan beberapa sumber lain, seperti diketahui, malaikat jumlahnya bukan hanya 10 malaikat seperti yang banyak diketahui pada umumnya, namun jumlah malaikat tidaklah terhitung dan hanya Allah SWT yang mengetahui.

Hal ini telah terabadikan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dalam Al-Qur'an Surah Al-Mudatsir [74]: 31, Allah Ta’ala berfirman,

"Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat. Dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu melainkan untuk jadi cobaan bagi orang-orang kafir, supaya orang-orang yang diberi Al-Kitab menjadi yakin, dan supaya orang yang beriman bertambah imannya, dan supaya orang-orang yang diberi Al Kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu dan supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri. Dan Saqar itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia,"

Malaikat yang pertama kali bersujud kepada Nabi Adam adalah dari kalangan yang mengatur urusan dunia. Sebelumnya mengemuka pendapat, apakah malaikat secara umum atau malaikat bumi saja yang pertama kali melakukannya.

Terkait hal ini, sejumlah pendapat mengemuka, tentang siapa malaikat yang pertama kali bersujud kepada Nabi Adam. 

Ibnu Katsir dalam kitab Qashash al-Anbiyaa, menyampaikan, bahwa pendapat yang lebih kuat malaikat yang pertama kali bersujud kepada Nabi Adam adalah malaikat secara umum. 

Baca Juga : Pesona Keindahan Pantai Teleng Ria Pacitan, Permata Jawa Timur

Sebuah hadits dikatakan Ibnu Katsir, "Dan Dia memerintahkan para malaikat-Nya untuk sujud padamu".

Berbeda, Hamid Ahmad Ath-Thahir dalam Qishash Al-Anbiya lil Athfal, mengatakan  pendapat lain. Malaikat yang pertama kali bersujud kepada Nabi Adam AS setelah mendapat perintah itu adalah Malaikat Israfil. 
Malaikat Israfil adalah malaikat yang bertugas meniup sangkakala. 

Pendapat malaikat Israfil sebagai malaikat yang pertama bersujud kepada Nabi Adam ini dikuatkan hadits yang diriwayatkan Ibnu Abi Hatim dan Asy-Syaikh dari Dhamrah yang dinukil Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitab Al-Haba'ik fi Akhbar Al-Mala'ik yang ditahqiq Abu Hajir Muhammad As-Said Basyuni.

"Telah sampai kepadaku bahwa yang pertama kali sujud kepada Adam AS adalah Israfil sehingga Allah memberinya ganjaran dengan menuliskan Al-Qur'an pada dahinya."


Topik

Agama Nabi Adam



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni