Punya Nilai Historis, Pasar Bunulrejo Segera Disulap Jadi Pasar Wisata

Feb 26, 2018 21:02
Diskusi panel Revitalisasi Pasar Bunulrejo Berbasis Pasar Wisata dan Pengembangan Kepemudaan Tourism. (Foto: Disbudpar Kota Malang for MalangTIMES)
Diskusi panel Revitalisasi Pasar Bunulrejo Berbasis Pasar Wisata dan Pengembangan Kepemudaan Tourism. (Foto: Disbudpar Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang termasuk wilayah bersejarah yang potensial. Salah satunya dengan temuan Prasasti Bunulrejo di balik Arca Ganesha yang dibuat tahun 856 Saka. Potensi itu kini tengah dilirik Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, kekayaan sejarah Bunulrejo bakal diekspos dalam program revitalisasi pasar berbasis wisata.

Baca Juga : Jamin Nasib Tenaga Kerja, Disnaker-PMTSP Kota Malang Ajukan Skema Jaring Sosial

Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan, pihaknya telah melaksanakan audiensi bersama tokoh masyarakat dan pemerintahan setempat jelang pelaksanaan program itu. 

"Sudah dilakukan diskusi panel dengan agenda Revitalisasi Pasar Bunulrejo Berbasis Pasar Wisata dan Pengembangan Kepemudaan Tourism. Masyarakat menyambut baik dan ini bakal menjadi pasar wisata pertama di Kota Malang," ujar Dayu, sapaan akrabnya. Diskusi yang dihadiri oleh pegiat/pengurus karang taruna dan masyarakat tersebut, lanjut Dayu, memiliki tujuan agar program revitalisasi bisa diimbangi dengan respons aktif masyarakat. 

Dayu menjelaskan, program pasar wisata itu juga selaras dengan Program Kementrian Pariwisata. Terutama terkait Kota Malang yang sejak 2016 lalu ditunjuk sebagai destinasi wisata kuliner dan belanja.

"Sehingga ke depannya di Pasar Bunulrejo banyak menjual oleh-oleh, souvenir, dan kuliner khas Malang dipadu dengan ornamen-ornamen yang menunjukkan budaya dan local wisdom Kota Malang," paparnya. 

Selain itu, konsep pasar wisata sangat menunjang kebutuhan wisatawan yang akan datang ke Kota Malang. Sebab kuliner dan belanja merupakan bagian penting dari perjalanan wisata.

"Apalagi saat ini di Jalan Hamid Rusdi Bunulrejo dipenuhi berbagai usaha kuliner seperti depot, cafe dan rumah makan dengan ikonnya RM. Sate Kambing H. Paino. Sehingga dapat dijadikan pelengkap fasilitas dari pasar wisata," paparnya.

Arkeolog Universitas Negeri Malang (UM) M. Dwi Cahyono menyatakan, perlu dipikirkan sebuah konsep pengembangan Pasar Wisata Bunulrejo dengan mengacu pada isi dari Prasasti Bunulrejo. Yaitu Bunulrejo sebagai wilayah otonom yang memproduksi bunga-bunga untuk kepentingan ritual pada masa lampau. 

Baca Juga : Hari Ini, Pemkot Malang Luncurkan Bansos Tahap Awal bagi Warga Terdampak Covid-19

Sehingga tidak berlebihan apabila Pasar Wisata tersebut dihiasi berbagai ornamen dan hiasan bunga-bunga. Dwi Cahyono juga akan menyarankan pentingnya sajian atau atraksi budaya secara rutin dalam pasar wisata tersebut.

"Karena Pasar Bunulrejo sendiri memiliki nilai sejarah tersendiri yang telah berdiri sejak 1083 tahun lalu ditandai dengan sebuah Arca Ganesha yang bertuliskan huruf Jawa Kuno di punggung arca," jelasnya. 

Kepala Seksi Pemasaran Pariwisata Dibudpar Kota Malang Agung H. Buana menambahkan, masyarakat berharap agar replika Arca Ganesha dapat dipasang di depan pasar tersebut.

"Selain karena nilai sejarah tersebut, pemilihan Pasar Bunulrejo direvitalisasi juga karena letak strategis yang dekat dengan pintu keluar Tol Malang-Pandaan dan Kampung Industri Tempe Sanan yang terkenal," tambahnya. 

"Pasar Wisata Bunulrejo akan menjadi destinasi wisata baru apabila masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dapat bersinergi dan berkolaborasi," papar Agung. Sehingga, ke depan perlu diselaraskan antara kepentingan pedagang, masyarakat, industri pariwisata serta pemerintah untuk memajukan ekonomi masyarakat melalui pasar wisata.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita MalangPasar BunulrejoPasar Bunulrejo Disulap Jadi Pasar Wisata

Berita Lainnya

Berita

Terbaru