PSHT Jadikan Malam Satu Suro sebagai Ruang Refleksi

MALANGTIMES - Tahun baru Islam atau yang lebih dikenal dengan malam 1 Suro dirayakan oleh PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) secara khikmat di kediaman H. Gufron Marzuki.

Di rumah Direktur Utama media online nomor 1 se Jawa Timur MalangTIMES, tersebut persatuan silat yang terkenal seantero nusantara itu melakukan kegiatan rutin. Sebagai kegiatan refleksi yang mengandung makna mendalam, pelajaran berarti dalam hidup, dan pengamalan semasa hidup.

Rentetan acara Malam 1 Suro yang rutin digelar yaitu, Ngangklang Jagad / Puter Gelang / Ngrajut, apapun istilahnya merupakan tradisi SH Terate menyambut 1 Suro. Yaitu kegiatan berjalan mengelilingi kota atau wilayah latihan, yang dilakukan dengan tanpa alas kaki (Napak / Ndlamak) dan Mbisu atau tidak bicara.

Dimaksudkan selain menyambut bulan suci Suro, juga dimanfaatkan untuk berdo'a bersama agar SH Terate dapat berkembang pesat di wilayah itu, sekaligus berdo'a agar seluruh warga SH Terate hidupnya selalu dalam ridho Allah SWT, dijauhkan dari sambekolo, didekatkan dengan kehidupan yang bahagia dan guyub rukun.

H. Gufron Marzuqi sebagai wakil ketua 1 cabang Kota Malang ternyata sudah mengikuti PSHT sejak di taman kanak-kanak, dan pernah mengikuti Pra PON Surabaya pada tahun 78-79an, sebelum akhirnya disahkan pada tahun 80an.

"Semoga acara ini semakin mempererat tali persaudaraan, untuk silaturahmi antar sedulur, tirakat, mawas diri, menguji jati diri dan mengajarkan kepribadian," ujar H. Gufron pada MalangTIMES.

Roby Rasdiantanto, ketua PSHT Cabang Kota Malang juga mengatakan bahwa acara tahunan seperti ini akan menambah 'sedulur' baru dan juga merekatkan kekeluargaan yang sudah bergabung dan yang akan diwisuda atau disahkan.

Anggota PSHT se Malang Raya bersiap mengikuti peringatan 1 Suro di halaman rumah H. Gufron Marzuki (Foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES).

"Semoga kita lebih berprestasi di kancah Jawa Timur, Nasional dan Mancanegara," tandas Roby.

Sementara itu ketua panitia malam 1 Suro, Bimo menyampaikan bahwa 'sedulur' semua (plat N), akan hadir dalam acara tahunan yang kali ini bertempat di rumah H. Gufron Marzuqi.

"Hari ini meskipun hujan, tidak mematahkan semangat menghadiri acara tahunan PSHT (malam 1 Suro), semoga dengan momen ini PSHT berkembang pesat di Kota dan Kabupaten Malang," ujar Bimo kepada MalangTIMES.
 
"Malam 1 suro hanya fokus kerohanian, sama pemantapan kerohanian siswa," sambungnya.

Top