Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa Kabupaten Malang Go International

Cosplay Malang, Rektor UB dan UMM Angkat Topi

Penulis : Lazuardi Firdaus - Editor : Lazuardi Firdaus

07 - Sep - 2016, 23:24

Komunitas Branjank 879 Project sedang menyelesaikan kostum pasukan Clone untuk persiapan Malang Flower Carnival
Komunitas Branjank 879 Project sedang menyelesaikan kostum pasukan Clone untuk persiapan Malang Flower Carnival

Cosplay karya arek-arek Kabupaten Malang mendapatkan banyak apresiasi.  Tak hanya dari dalam negeri, dari luar negeri pun banyak yang angkat topi. Mereka menganggap bahwa cosplay karya Kabupaten Malang levelnya sudah internasional.

Baca Juga : 10 Daerah Resmi Dapat Persetujuan Terapkan PSBB

Tak tanggung-tanggung, dari dalam negeri, yang memberikan apresiasi terhadap cosplay atau kostum film karya arek-arek Kabupaten Malang adalah Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr Ir M. Bisri MS dan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Drs Fauzan MPd.

Sedangkan dari luar negeri yang memberikan dua jempol adalah Kaesh Oleg, mahasiswa jurusan sejarah Fakultas Asia dan Afrika di Moscow State University.

Apresiasi ini muncul ketika mereka membaca berita di  JATIMTIMES dan MALANGTIMES. Dalam pemberitaan disebutkan bahwa cosplay ini merupakan karya komunitas Branjank 879 Project yang sebagian besar anggotanya berasal dari Gondanglegi dan Turen. Cosplay karya Branjank ini menarik perhatian setelah tampil dalam even Malang Flower Carnival pada 4 September lalu.

Anggota Branjank asyik menyelesaikan cosplay Transformer, Guban, dan Darth Vader

Bisri menyatakan, dirinya tidak menyangka bahwa warga Kabupaten Malang mampu membuat cosplay yang begitu menawan. Nyaris sama dengan aslinya. 

"Wah, saya tak menyangka cosplay ini merupakan karya anak-anak pinggiran Pulau Jawa yg jauh dari ibu kota negara atau provinsi. Mereka punya kreativitas dan inovasi modern futuristik dan sangat detail," ujar Bisri.

Menurutnya, pembuat cosplay ini punya keterampilan yang luar biasa. "Salut. Karya mereka bisa jadi daya saing daerah dan bangsa kita. Bakat mereka harus diwadahi pemerintah," tambahnya.

Baca Juga : Viral! Mobil Jenazah Terjebak Lumpur Usai Pemakaman Pasien Covid-19

Senada dengan Bisri, Fauzan juga mengucapkan  kekagumannya terhadap cosplay karya anak-anak Kabupaten Malang. Dia meminta agar pemerintah menangkap bakat para pembuat cosplay ini.
"Karya sebagus itu harus segera direspons dan di-branding menjadi ikon wisata Kabupaten Malang," ucap Fauzan.

Dia menambahkan, cosplay  juga bisa dijadikan instrumen pemerintah untuk sosialisasi beberapa program ke daerah-daerah. "Ini menarik sekali. Jadi harus dibuatkan momen agar inovasi dan kreasinya anak-anak tersebut bisa berkembang," lanjutnya.

Hasil akhir penggarapan yang keren membuat mata penggemar cosplay Indonesia angkat topi

Pujian serupa juga muncul dari Oleg. Mahasiswa asal Rusia tersebut langsung bilang Waw saat melihat karya Branjang. "Luar biasa, saya ingin lihat videonya," ucap Oleg.

Pria yang saat ini tinggal di Moscow tersebut menanyakan kapan even ini akan diadakan lagi. "Saya pastikan, saya dan kawan-kawan dari Rusia akan datang ke Malang," kata Oleg.


Topik

Peristiwa Cosplay Malan-Flower-Carnival Kabupaten-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Lazuardi Firdaus

Editor

Lazuardi Firdaus