Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya Hidup

Tubuh Lelah, Perhatikan 4 Hal Ini

Penulis : Rochmat Shobirin - Editor : Redaksi

23 - Oct - 2015, 04:34

 Foto : googleimage
Foto : googleimage

JATIMTIMES – Tanpa terasa kadang kita merasakan tubuh kita mudah sekali ‘negdrop’. Ternyata kondisi ini bukan hanya Anda yang merasakan namuan banyak orang di luar sana juga merasakan hal yang sama. 

Dari apa yang disampaikan dr. Dewi Ema Anindia dari klikdokter.com mencatat ada beberapa hal yang membuat tubuh Anda gampang sekali lelah. Hal itu antara lain : 

1.    Perhatikan Makanan

Makan minum tiap hari tak banyak yang Anda perhatikan seksama. Anda juga kadang lupa berapa kali dalam sehari mengkonsumsi makana yang mengandung gula. kopi dan gula dapat membuat Anda semakin lelah, karena dua kombinasi tersebut mampu membuat kadar gula darah naik dan turun secara cepat. 

Oleh karena itu, cobalah mengonsumsi makanan yang lebih seimbang yang terdiri dari buah-buahan, sayuran, dan protein. Dengan konsumsi ‘makanan’ yang lebih fres lelah lebih cepat dapat Anda hindari. 

2.    Perhatikan Durasi Tidur 

Istirahat adalah kebutuhan mutlak tubuh Anda. Namun kadang karena alasan sibuk dan kejar setoran, banyak sekali orang tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Apabila Anda salah satunya, usahakan untuk mengurangi kopi dan alkohol pada waktu-waktu sebelum tidur. 

Jika sudah waktunya istirahat, lupakan ‘rayuan’ tontonan malam. Matikan televisi Anda sebelum tidur dan usahakan agar kamar tidur Anda selalu dalam suasana tenang. Dan ingat, jika memang ada alat komunikasi yang ‘membahayakan’ singkirkanlah biar tidur semakin nyenyak. 

3.    Tambahlah Waktu Olahraga

Lelah tiap hari. Cobalah melakukan olah raga ringan dan sederhanan. Gerakkan tubuh Anda lebih sering. Berolahragalah paling tidak 30 menit sebelum waktu tidur malam. 

Jika Anda berpikir bahwa olahraga bisa membuat Anda semakin lelah, maka Anda salah. Olahraga justru dapat meningkatkan energi. Direkomendasikan agar Anda berolahraga paling tidak 40 menit selama 4 hari dalam seminggu.

4.    Kemungkinan Ada Penyakit

Jika hal diatas sudah Anda lakukan dan rasa lelah masih saja melanda. Ada baiknya Anda mulai menyadari kemungkinan ada beberapa penyakit di tubuh Anda. Perhatikan penyakit seperti anemia, kurangnya nutrisi, gangguan hormone tiroid, diabetes, depresi, gangguan tidur, serta penyakit jantung.(*)


Topik

Gaya Hidup lelah tubuh olahraga


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Rochmat Shobirin

Editor

Redaksi