Malangtimes

Resmi Dilantik Jokowi, Laksamana Muhammad Ali Gantikan Panglima TNI Yudo Margono

Dec 28, 2022 11:17
Momen pelantikan Laksamana Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. (Foto dari internet)
Momen pelantikan Laksamana Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Muhammad Ali sebagai Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/12/2022).

Ali menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang telah dilantik sebagai Panglima TNI.

Acara diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 100 TNI Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL oleh Sekretaris Militer Presiden Laksamana Muda TNI Hersan. 

Pelantikan itu berasarkan Keppres yang ditetapkan 28 Desember 2022 itu, Jokowi dengan hormat memberhentikan Yudo dari posisi KSAL dan mengangkat Ali sebagai KSAL.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan KSAL oleh Jokowi. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ucap Ali.

Usai pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Ali sebagai KSAL disaksikan Jokowi. 

Hadir sebagai saksi dalam pelantikan itu adalah Yudo dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Acara terakhir dilanjutkan pembacaan Keppres Nomor 101 TNI Tahun 2022 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI.

Dengan pelantikan itu, secara otomatis pangkat Ali pun dinaikkan dari laksamana madya menjadi laksamana TNI terhitung mulai hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru