Malangtimes
Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022

Juara 1 Kategori Pendidikan Lomba Konten Kreator Suguhkan Konten Bertajuk Wonderful Kabupaten Malang

Dec 19, 2022 15:48
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menyerahkan hadiah kepada Yoga Rendisa sebagai juara pertama Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 kategori sekolah.(Foto: Redaksi JatimTIMES).
Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat menyerahkan hadiah kepada Yoga Rendisa sebagai juara pertama Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 kategori sekolah.(Foto: Redaksi JatimTIMES).

JATIMTIMES - SMA Negeri 1 Turen berhasil keluar sebagai juara pertama dalam Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 kategori sekolah. Lomba tersebut digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang bersama JatimTIMES. 

Siswa kelas XI, Yoga Rendisa yang menjadi perwakilan SMAN 1 Turen mengatakan, dalam lomba tersebut, dirinya menyajikan konten video dengan konsep Wonderful Kabupaten Malang. Dirinya mengambil keunggulan potensi di Kabupaten Malang yang ada di setiap sektor. 

"Kalau kosnepnya yang kami ambil, ingin menunjukkan ikon-ikon Kabupaten Malang. Dari setiap sektornya, kami ambil masing-masing satu. Dari pariwisata, budaya, produk UMKM, pendidikan kami tonjolkan di satu video," ujar Yoga. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, melalui video tersebut, dirinya juga berusaha mengajak masyarakat seperti berkeliling Kabupaten Malang dalam sekilas. Konsepnya, ia kemas seperti sebuah parodi. 

"Jadi ada seorang siswa yang terlambat karena ketiduran, dan sampai sekolah masih mengantuk, lalu dia melanjutkan tidurnya di sekolah. Lalu dalam tidurnya terbawa mimpi sedang menjelajah wonderful Kabupaten Malang," jelas Yoga. 

Wabup Malang Didik Gatot Subroto bersama dewan juri dan seluruh pemenang Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022.(Foto: Redaksi JatimTIMES).

Dirinya juga tidak menyangka jika videonya bisa berhasil dan mendapat juara pertama. Sebab menurutnya, video yang ditampilkan oleh keseluruhan peserta sangat bagus. Apalagi, dalam proses pembuatan videonya, ia hanya menghabiskan waktu sekitar satu minggu. 

"Sebenarnya gak nyangka juga, karena melihat hasil karya peserta yang lain itu sangat luar biasa sekali. Jadi kami menganggap semua hebat, semua terbaik, dan juara ini hanyalah sebuah angka saja. Untuk pembuatan video ini, sebenarnya singkat. Konsep dan cerita kami kumpul sehari saja, dan besoknya kami langsung persiapan, dan eksekusi 3 hari, editing 2 hari. Jadi keseluruhan sekitar 1 minggu," terang Yoga.

Logo Diskominfo Kabupaten Malang.(Foto: Istimewa).

Ia menilai, di era dengan perkembangan teknologi digital seperti saat ini, keberadaan kreasi melalui konten sangatlah diperlukan. Termasuk ajang Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022.

Sebab menurutnya, saat ini sudah banyak konten kreator yang mulai bermunculan dan beradu kreasi di berbagai platform. Sehingga, melalui even lomba, setidaknya bisa menjadi salah satu wadah yang bisa dimanfaatkan para konten kreator untuk menyalurkan karyanya. 

"Itu bisa menjadi pundi-pundi keuangan. Mulai dari masyarakat, siswa sudah ada banyak platform untuk mereka menunjukan skill, jadi wadah seperti ini jika berkelanjutan mungkin bisa menjadi ajang yang sangat bergengsi dan setiap tahun akan mengalami peningkatan peminat," jelasnya. 

Sementara itu, sebagai juara pertama di kategori sekolah pada ajang tersebut, SMAN 1 Turen berhak atas hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta. Selain itu juga mendapat trophy dan piagam penghargaan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru