Diserbu Investor, Pajak Hotel di Kabupaten Malang Diprediksi Mengalami Surplus

Sep 17, 2022 05:52
Grand Miami Hotel, salah satu hotel bintang empat yang ada di Kabupaten Malang. (Foto : Istimewa)
Grand Miami Hotel, salah satu hotel bintang empat yang ada di Kabupaten Malang. (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Banyaknya sektor wisata membuat penginapan seperti hotel di Kabupaten Malang jarang mengalami sepi pengunjung. Bahkan, banyak investor yang tertarik berinvestasi di Kabupaten Malang, khususnya di sektor perhotelan.

Seperti yang sudah diketahui, saat ini sudah ada dua hotel bintang empat yang dibangun di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Yakni Grand Miami Hotel dan Grand Kanjuruhan Hotel.

Sementara itu, sisi pendapatan asli daerah (PAD,  khususnya di sektor pajak perhotelan, tahun ini ditargetkan bakal mendulang pendapatan Rp 10.974.289.567 atau hampir Rp 11 miliar.

"Sampai dengan awal September ini (2022), pajak hotel di Kabupaten Malang sudah memperoleh pendapatan Rp 2,8 miliar," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara.

Lebih rinci, hingga pekan pertama di bulan September 2022, pajak hotel di Kabupaten Malang sudah memperoleh pendapatan mencapai Rp 2.815.802.247.

Jika dibandingkan sebulan sebelumnya, penghasilan pajak perhotelan mengalami penambahan sebanyak Rp 35.603.757. Sebab, hingga pembukuan bulan Agustus 2022, pajak perhotelan memperoleh pendapatan Rp 2.780.198.490.

"Sejauh ini  pajak hotel sudah terealisasi sebanyak 25,66 persen dari target yang sudah ditentukan," jelas mantan kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (kadisparbud) Kabupaten Malang ini.

Guna memaksimalkan pendapatan pajak hotel,  Bapenda sudah mengerahkan petugas khusus untuk melakukan jemput bola. Termasuk kepada para wajib pajak yang mengelola hotel.

Menurut Made, hal itu dilakukan guna mengantisipasi kebiasaan para wajib pajak yang terkesan gemar membayar pajak mendekati masa tutup buku.

"Kalau melihat data tahun-tahun sebelumnya, pajak hotel ini menjadi salah satu sektor pajak daerah yang langganan mengalami surplus. Meskipun butuh waktu memang, kami optimistis tahun ini (2022) pajak hotel bisa kembali mendulang surplus," tukas Made.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru