Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

21 Tahun Kota Batu Berdiri, Impian Besar Raih Adipura Ditarget Tahun Ini

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

08 - Sep - 2022, 15:40

Monumen Adipura Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)
Monumen Adipura Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sejak berdirinya pada tahun 2001 atau selama 21 tahun, Kota Batu belum pernah mengantongi Adipura. Karena itu setiap tahunnya Pemkot Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) tengah berupaya untuk meraih Adipura.

Adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan perkotaan. Ya monumen Adipura yang berada di Alun-Alun Kota Batu diperoleh pada tahun 1994 silam.

Untuk bisa meraih Adipura, tentunya beragam persiapan telah dilakukan dengan matang. Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan mengatakan, persiapan yang dilakukan dengan menyediakan sarana prasarana mulai tempat sampah, komposter di titik-titik pantau.

Hingga pengelolaan sampah dan saluran irigasi. Titik pantau ada 17 kategori. “Di antaranya seperti terminal, TPA, hutan kota, pasar, sekolah, permukiman, perkantoran, hingga pengelolaan sampah di TPA,” ucap Aries.

Tidak hanya sarana prasarana tetapi juga pengelolaan sampah menjadi perhatian penuh dalam penilaian Adipura. Melihat dalam evaluasi tahun 2019 untuk penilaian Adipura, pengelolaan sampah di Kota Batu dinilai sangat rendah.

“Dari evaluasi tahun 2019 lalu untuk pemantauan Adipura pengelolaan sampah di semua sektor,” tambah Aries.

Yakni mulai dari pasar, permukiman, jalan arteri, pertokoan, sekolah, rumah sakit daerah, terminal, perairan terbuka, saluran terbuka hingga TPA nilainya masih sangat rendah. Ini menjadi PR bersama agar tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Karena itu Pemkot Batu bersama stakeholder lainnya menargetkan pengurangan sampah hingga 26 persen dan penanganan sampah 73 persen. Cara untuk mencapai target pengurangan tersebut adalah dengan kesadaran bersama untuk pemanfaatan atau mendaur ulang kembali sampah.

Upaya pengurangan sampah yang dilakukan DLH sendiri dengan penanganan sampah mulai dari pemilahan, pengangkutan, pengelolaan dan pemrosesan akhir.

“Adipura terakhir diperoleh tahun 1996 saat Kota Batu masih masuk dalam Kabupaten Malang. Sedangkan yang terakhir tahun 2019 lalu meraih sertifikat Adipura. Kami berharap kepada masyarakat untuk partisipasi untuk menjaga kebersihan dan mengelola sampah dengan baik,” harap Aries.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus